Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sandiaga Uno Tak Punya Investasi Kripto, Pernah Disebut Jadul

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 07:41 WIB
sandiaga-uno-tak-punya-investasi-kripto-pernah-disebut-jadul
Sambutan Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Uno Dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Dan Pameran: Karya Untuk Indonesia, Minggu (29/8/2021). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

SINGAPURA, KOMPAS.TV- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, dirinya tidak mempunyai investasi di aset kripto. Sandi yang merupakan menteri terkaya di Kabinet Indonesia Maju saat ini, mengaku pernah disebut "jadul" karena hal itu.

“Saya tidak memiliki kripto dalam portofolio saya, tapi saya dianggap ‘oldschool’, jadul," kata Sandiaga saat menjadi pembicara di ATx Summit 2022 di Singapura, bertema Unpacking The Metaverse, dikutip dari Antara, Rabu (1/6/2022).

Menurut Sandi, silakan saja jika seseorang ingin mencoba berinvestasi di aset kripto. Namun harus berhati-hati dan jangan hanya karena mengikuti euforia pasar. Pasalnya, sudah banyak kasus terjadi saat harga kripto jatuh, investor tidak siap karena rugi besar.

Baca Juga: Red Flag Aset Kripto yang Perlu Diketahui Investor| B-Talk (3/4)

Sebagai langkah awal, investor bisa mencoba kripto sekitar 1-2 persen dari total portofolio investasinya.

"Dan ternyata dengan keadaan kripto seperti ini banyak yang mengapresiasi nasihat saya bahwa kita harus berhati-hati kalau mau berinvestasi di kripto, ya jangan terlalu besar mungkin di atas 1-2 persen dari seluruh total portofolio yang dimiliki,” jelas Sandi.

Ternyata, bukan hanya Sandiaga Uno yang tidak berinvestasi di aset kripto. Pendiri Microsoft yang juga salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates, mengungkap alasan dirinya tidak tertarik investasi di aset kripto. Gates mengatakan, ia lebih suka berinvestasi pada aset yang memiliki hasil yang berharga.

Baca Juga: Kripto Terra Luna Jatuh Tersungkur Hingga 98%, Harga per Koin pun Tak Sampai Rp 10 Ribu!

"Nilai perusahaan didasarkan pada bagaimana mereka membuat produk yang hebat. Nilai kripto hanyalah apa yang diputuskan oleh orang lain, sehingga tidak bertambah seperti investasi lain," kata Gates dalam utas "Ask Me Anything" di Reddit, dikutip dari Forbes, Selasa (24/5/2022).

Gates mengaku sampai saat ini ia tidak memiliki mata uang kripto apapun. Ia juga merasa prihatin pada orang-orang yang ikut masuk dalam investasi bitcoin.

Bill Gates saat ini berada di peringkat ke-4 dalam daftar orang terkaya sejagat raya. Harta kekayaaannya saat ini ditaksir mencapai 125 miliar dollar AS atau sekitar Rp1.825 triliun. Ia pun mengingatkan orang-orang agar berhati-hati dalam menggunakan uangnya.

"Jika Anda memiliki uang lebih sedikit daripada Elon, Anda mungkin harus berhati-hati,” ujarnya.

Baca Juga: Bill Gates Kompakan dengan Warren Buffet Tak Mau Main Kripto, Ini Alasannya

Elon Musk adalah pendiri Tesla dan SpaceX, yang juga merupakan orang terkaya di bumi. Musk memiliki kekayaan sebesar 207,3 dollar AS atau sekitar Rp3.026 triliun.

Sikap Bill Gates sama dengan miliarder dunia lainnya, Warren Buffet. Dalam rapat Pemegang Saham Tahunan Berkshire Hathaway, Buffet menyatakan bitcoin bukan aset produktif dan tidak menghasilkan sesuatu yang nyata.

"Apakah naik atau turun di tahun depan, atau lima atau 10 tahun, saya tidak tahu. Tetapi satu hal yang saya cukup yakin adalah bahwa itu tidak menghasilkan apa-apa," katanya pada awal Mei lalu.

"Ada keajaiban di dalamnya dan orang-orang telah menempelkan sihir pada banyak hal," tambahnya.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x