Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Cek Syarat, Jadwal, dan Lokasi Penukaran Uang untuk Angpau Lebaran

Kompas.tv - 5 April 2022, 10:13 WIB
cek-syarat-jadwal-dan-lokasi-penukaran-uang-untuk-angpau-lebaran
Ilustrasi penukaran uang. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang untuk keperluan angpau Lebaran, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menggunakan platform online Bank Indonesia, PINTAR, menukar uang di mobil layanan kas keliling, dan datang langsung ke kantor cabang bank terdekat. 

Tukar Uang Lewat Platform PINTAR

BI mengembangkan website dan aplikasi PINTAR, sehingga masyarakat bisa melakukan penukaran uang secara online. Masyarakat sudah bisa melakukannya mulai Senin (4/4/2022) kemarin hingga 29 April. 

Kepala Departemen Pengelolaan Uang (DPU) BI Marlison Hakim menyampaikan, masyarakat harus memesan lebih dulu lewat website PINTAR. Sehingga warga nyaman, mudah, dan memperoleh kepastian jumlah serta kualitas uang yang ditukarkan.

Baca Juga: Asyik, Tahun Ini Mudik Bisa Lewat Tol Japek II atau Tol Jakarta-Cikampek Selatan

Setelah memesan, masyarakat juga bisa memilih ingin menukarkan uang di lokasi mana BI beroperasi. Yaitu dengan membuka website PINTAR, memesan dengan memilih menu untuk penukaran melalui kas keliling, pilih lokasi, jam, dan jumlah uang yang mau ditukar.

"Sehingga masyarakat pada waktunya nanti membawa bukti pemesanan datang kepada lokasi yang dituju, jam yang dituju dengan mengubah uang sesuai penukaran dan saat itu juga dilayani. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi berdesak-desakan dan mencari di mana mobil kas keliling BI beroperasi," tutur Marlison kepada wartawan, Senin (4/4).

Layanan kas keliling BI tersedia di 5.013 titik penukaran. Rinciannya 453 titik penukaran di wilayah Jabodebek dan 4.560 di luar wilayah Jabodebek.

Baca Juga: Chatib Basri: BLT Minyak Goreng Lebih Tepat Dibanding Penetapan HET

BI membatasi jumlah penukaran uang maksimal Rp3,8 juta per orang, dengan pecahan mulai dari Rp1.000 sampai Rp20.000. Untuk layanan kas keliling BI, masyarakat tidak perlu membawa KTP, NPWP, ataupun sertifikat vaksin. Hanya perlu membawa bukti pemesanan melalui website PINTAR. 

Mobil Kas Bank

Masyarakat juga bisa menukar uang di mobil kas perbankan yang tersedia di sejumlah tempat umum. Namun, mobil kas perbankan baru beroperasi dua pekan sebelum Lebaran atau 18-29 April 2022. 

Warga bisa langsung datang ke titik lokasi mobil kas perbankan. Di Jabodebek misalnya, mobil kas perbankan terdapat di Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang dan Terminal Kalideres.

Baca Juga: Pertamina Sebut Kenaikan Konsumsi Pertalite Hanya Sementara

"Masing-masing tempat ada 3 bank. Stasiun Gambir ada BRI, BJB, BTN. Terminal Kampung Rambutan ada BCA, Bank OCBC NISP, CIMB Niaga. Terminal Pulo Gebang ada Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata. Terminal Kalideres ada BNI, Sinarmas dan Maybank," kata Marlison. 

Kantor Cabang Bank Terdekat 

Masyarakat juga bisa mendatangi langsung kantor cabang bank terdekat, pada jam operasional bank tersebut. Persyaratan tiap bank berbeda-beda, sehingga lebih baik menyiapkan KTP, kartu ATM, dan buku tabungan saat akan menukar uang di kantor cabang bank terdekat. 




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x