Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Penumpang Meningkat, Naik KRL Kembali Harus Duduk Jaga Jarak

Kompas.tv - 15 Maret 2022, 08:19 WIB
penumpang-meningkat-naik-krl-kembali-harus-duduk-jaga-jarak
Ilustrasi penumpang KRL. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah sempat menerapkan duduk tanpa jarak di KRL, kini PT KAI Commuter kembali memberlakukan stiker jaga jarak untuk penumpang yang duduk maupun berdiri. Hal itu dilakukan karena penumpang KRL jumlahnya terus bertambah.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, stiker jaga jarak sudah ditempel  di tempat duduk, jendela, dan lantai kereta.

“Dengan adanya stiker ini, pengguna diharapkan mengikuti sebagai panduan posisinya saat duduk maupun berdiri guna tetap menjaga jarak aman dengan sesama,” kata Anne dalam siaran persnya, dikutip dari Kompas.com, Selasa (15/3/2022).

Anne menyampaikan, peningkatan penumpang terjadi karena tambahan kapasitas kereta dari tadinya 45 persen menjadi 60 persen dari total kapasitas. Penambahan kapasitas itu sesuai Surat Edaran Kemenhub Nomor 25 Tahun 2022.

Baca Juga: Tarif KRL Tak Jadi Naik pada 1 April Nanti, Kemenhub: Setelah Lebaran Dikaji Lagi

“Pada hari-hari kerja di bulan Maret rata-rata volume pengguna KRL mencapai 476.200 pengguna per hari. Sementara pada hari-hari kerja sejak berlakunya kapasitas 60 persen, volume pengguna lebih tinggi 2,5 persen menjadi rata-rata 488.392 per harinya,” kata Anne.

Sehingga, stiker jaga jarak dipasang kembali agar kapasitas kereta tetap terjaga maksimal 60 persen. Pihak KAI Commuter juga mengimbau para penumpang agar tidak memaksa masuk ke dalam gerbong, di saat kapasitas kereta sudah terisi sesuai kapasitas.

Hal itu ditandai dengan pengguna seluruhnya sudah berdiri dan duduk sesuai marka. KAI Commuterline juga sudah menerapkan antrean penyekatan pengguna di stasiun, yang masih berjalan sampai saat ini.

Jumlah perjalanan kereta per hari juga tidak dikurangi, yaitu 1.005 perjalanan KRL yang sebagian besar ada di jam sibuk pagi dan sore hari.

Baca Juga: Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Beroperasi Pertengahan Tahun Ini

Rangkaian gerbong juga ditambah, sebagai upaya mengangkut penumpang lebih banyak tanpa melanggar aturan jaga jarak dan kapasitas maksimal.

“Mulai akhir Februari lalu KAI Commuter juga telah melakukan uji coba operasi rangkaian KRL dengan formasi 12 kereta di loop line Jatinegara-Bogor PP, menggantikan satu rangkaian yang sebelumnya terdiri dari 8 kereta,” tutur Anne.

KAI Commuter juga mengajak pengguna agar tetap disiplin protokol kesehatan. Penumpang harus tetap memakai masker saat masuk area stasiun. Selanjutnya pengguna juga harus sudah divaksin yang dibuktikan dengan memindai kode QR melalui aplikasi peduli lindungi atau menunjukkan kartu vaksin.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x