Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Garuda Indonesia Layani Rute Penerbangan Langsung Sydney - Denpasar

Kompas.tv - 5 Maret 2022, 03:05 WIB
garuda-indonesia-layani-rute-penerbangan-langsung-sydney-denpasar
Maskapai Garuda Indonesia resmi melayani penerbangan Sydney – Denpasar mulai Jumat ini (4/3/2022). (Sumber: Kompas.tv/Istimewa)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

DENPASAR, KOMPAS.TV –  Maskapai Garuda Indonesia resmi melayani penerbangan Sydney – Denpasar mulai Jumat ini (4/3/2022). Penerbangan ini merupakan rute penerbangan internasional pertama yang menghubungkan Australia dengan Bali di awal tahun 2022 ini.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, dioperasikannya layanan penerbangan Sydney – Denpasar tersebut merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia sebagai national flag carrier dalam mendukung program pemerintah yang dioptimalkan melalui penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa.

“Ini bertepatan juga dengan momentum pemulihan ekonomi dan pariwisata Bali melalui relaksasi kebijakan perjalanan wisatawan dan bisnis mancanegara ke Indonesia,” jelas Irfan dalam siaran persnya, Jumat.

Adapun, sektor penerbangan Sydney – Denpasar ini dilayani dengan armada yang sebelumnya turut melayani penerbangan Jakarta – Sydney. Rute ini dilayani satu kali setiap minggunya yakni setiap hari Jumat, menggunakan armada A330-300 dengan nomor penerbangan GA 715.

Diberangkatkan dari Bandara Internasional Sydney Kingsford Smith pada pukul 11.30 waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar pada pukul 14.45 waktu setempat.

Baca Juga: Ini Misi Evakuasi yang Dilakukan Garuda Indonesia Selain 80 WNI dan Keluarga dari Ukraina

Pada penerbangan hari ini, Garuda Indonesia mengangkut sebanyak 60 penumpang dari Sydney yang berasal dari berbagai wilayah di Australia. Selain itu, Garuda Indonesia turut mengangkut kargo dari Sydney hingga 20 ton yang terdiri dari komoditas perikanan, buah segar hingga general cargo.

Di sisi lain, Irfan mengungkapkan, keindahan alam dan budaya Bali memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara, tidak terkecuali bagi wisatawan Australia. Tercatat, pada masa sebelum pandemi Covid-19 terutama di tahun 2019, kunjungan terbesar mencapai lebih dari 1,2 juta wisatawan yang masuk ke Bali. 

Dengan demikian, dioperasikannya penerbangan ini diharapkan dapat menjadi awal optimisme bagi kebangkitan perekonomian Indonesia khususnya dari sisi sektor pariwisata secara jangka panjang.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Bali Wayan Koster turut menyampaikan apresiasinya atas dioperasikannya penerbangan rute Sydney menuju Denpasar.

“Kami tentunya berharap penerbangan ini akan mendukung upaya berkelanjutan kami untuk mewujudkan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi di Bali dan sekitarnya,” ungkapnya.

Dengan dilayaninya penerbangan Sydney – Denpasar tersebut, maka saat ini Garuda Indonesia menghubungkan Australia dengan Indonesia melalui dua rute penerbangan setiap minggunya yang dilayani melalui 2 hub terbesar di Indonesia yaitu, Jakarta dan Denpasar.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x