Kompas TV bisnis ukm

Usaha Gigih KUB Mampu Jaya, Ubah Wajah Gang Dolly Jadi Kawasan Produktif Dan Kreatif

Kompas.tv - 8 Februari 2022, 11:10 WIB
Penulis : Herwanto

Usaha Gigih KUB Mampu Jaya, Ubah Wajah Gang Dolly Jadi Kawasan Produktif Dan Kreatif

Gang Dolly di Surabaya, Jawa Timur pernah menjadi primadona bagi pria dewasa yang berhasrat untuk sekedar plesir sesaat. Bahkan Gang Dolly disebut sebagai kawasan prostitusi terbesar di Asia Tenggara.

Namun wajah Gang Dolly berubah total pada tahun 2014 setelah keputusan pemkot Surabaya untuk menutup prostitusi dan membersihkan Gang Dolly.

Saat lokalisasi tersebut ditutup, beberapa wisama di Dolly dibeli Pemkot Surabaya dan dialihfungsikan. Salah satunya adalah Wisma Barbara yang dibeli Pemkot Surabaya seharga Rp 9 miliar. Wisma yang megah tersebut kemudian dijadikan sebagai pusat pelatihan dan penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memproduksi tas, sepatu, sandal, dan sandal hotel.

Adalah Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mampu Jaya, rumah kreatif yang memproduksi alas kaki (slipper) hotel, sepatu, dan sandal untuk umum. KUB ini mulai berproduksi tahun 2017 dan saat ini menempati bekas Wisma Barbara di Gang Dolly.

Atik Tri Ningsih, Ketua KUB Mampu Jaya menjelaskan, Mampu Jaya beranggotakan sebanyak 15 orang yang seluruhnya merupakan warga asli kawasan Dolly.

Kreasi sepatu dan sandal  dipajang rapi  di etalase di dalam workshop KUB Mampu Jaya. Model maupun bahan sepatu dan sandal, tidak kalah dengan sepatu atau sandal dari brand yang telah mempunyai nama besar. Sementara untuk kisaran harga sepatu kets dijual mulai Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu-an.

Selain menerima pesanan dalam jumlah banyak, di sini juga melayani pesanan custom perorangan untuk sepatu kulit, sedangkan sepatu kets minimal 1 kodi atau 20 pasang.

Badai pandemi turunkan pesanan slippers dan sepatu secara drastis. Imbasnya, jumlah pekerjanya juga pun berkurang.

Dari 2 ribu pasang produksi sehari, yang biasa diproduksi sebelum adanya pandemi Covid-19, jadi hanya 200 pasang seharinya.

Meski pesanan sandal dan sepatu tak sebanyak sebelum pandemi Covid-19, namun sejak akhir Desember 2021 pesanan sudah kembali meningkat. Sejak PPKM dibuka bertahap, pesanan dari pabrik berupa sepatu dan sandal custom sudah mulai datang.

Potret KUB Mampu Jaya seiring waktu mengubah wajah Dolly yang dulu kelam, jadi tempat yang produktif dan kreatif.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x