Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Begini Penampakan Titik Nol Ibu Kota Baru, Jadi Referensi Koordinat Pembangunan Istana

Kompas.tv - 7 Januari 2022, 14:01 WIB
begini-penampakan-titik-nol-ibu-kota-baru-jadi-referensi-koordinat-pembangunan-istana
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat berada di Titik Nol Ibu Kota Negara (7/1/2022). (Sumber: Kementerian Keuangan )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tengah mengunjungi Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Keduanya meninjau pembangunan sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN).

Salah satu lokasi yang didatangi Sri Mulyani adalah Titik Nol IKN.

"Pak Basuki Menteri PUPR beserta tim @kemenpupr menjelaskan kepada saya mengenai rancangan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di lokasi Penajam Paser Kalimantan Timur," kata Sri Mulyani seperti dikutip dari laman Instagram resminya, @smindrawati, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga: Utang Capai Rp6.713 Triliun, Sri Mulyani: Pasti Kita Bisa Bayar

"Titik NOL sebagai referensi koordinat lokasi pembangunan kompleks Istana Negara dan Pusat Pemerintahan dan perkembangan pembangunan selanjutnya secara bertahap di Penajam Paser Kalimantan Timur," ujarnya.

Sri Mulyani menjelaskan, pembangunan Ibu Kota Negara baru luar biasa rumit dan menantang. Karena pemerintah tetap harus menjaga lingkungan, hutan, keanekaragaman hayati, dan termasuk satwa.

Tapi di sisi lain, pemerintah harus mampu mewujudkan Ibu Kota Negara masa depan yang modern, berbudaya, beradab serta mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Baca Juga: Erick Thohir Copot Direktur Energi Prime PLN Buntut Krisis Pasokan Batu Bara

"Dari segi pembiayaan dan keuangan negara, juga perlu dirancang secara cermat dan hati-hati agar tujuan pembangunan IKN dapat tercapai namun tetap terjaga stabilitas dan sustainabilits keuangan negara," tutur Sri Mulyani.

"Landasan hukum yang kuat dan baik dalam bentuk RUU IKN sedang dibahas oleh Pemerintah dan DPR dengan masukan dari berbagai pemangku kepentingan dan masyarakat luas," ujarnya.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x