Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sandiaga Dorong Wisata Halal di Jabodetabek karena Nilai Ekonominya Besar

Kompas.tv - 1 November 2021, 06:27 WIB
sandiaga-dorong-wisata-halal-di-jabodetabek-karena-nilai-ekonominya-besar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi The Hub Equestrian, Archery and Coffee di Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat (31/10/2021). (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga berharap banyak bermunculan wisata halal di Jabodetabek. Lantaran potensi ekonomi wisata halal yang sangat besar, tidak hanya dari wisatawan dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Hal itu ia sampaikan saat meresmikan The Hub Equestrian, Archery and Coffee yang berada di Jalan Alternatif Cibubur, Jatisampurna, Bekasi Jawa Barat, Minggu (31/10/2021).

"Kami sangat mengapresiasi dibukanya The Hub: Equstrian, Archery and Coffee. Harapannya ini mampu menjadi salah satu alternatif destinasi wisata halal di Jakarta dan sekitarnya serta mampu membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya," kata Sandi dalam keterangan pers, dikutip Senin (1/11/2021).

Baca Juga: Reaksi Sandiaga Uno Ketika Wisata Halal Jadi Perdebatan Netizen

Sandi menilai, The Hub telah memenuhi 3 layanan dasar yang dibutuhkan wisatawan Muslim.

Pertama, menyediakan restoran halal dan fasilitas untuk mendirikan sholat. Kedua ialah memiliki toilet yang ramah bagi muslim dan muslimah. Terakhir, mempunyai fasilitas rekreasi segmen keluarga atau Muslim friendly.

"Beberapa waktu lalu kita mendapat hadiah karena ada kasus fenomenal di Aceh terkait wisata halal yang dilihat hingga jutaan viewer (penonton). Ini menjadi kesempatan kita untuk menjelaskan konsep wisata halal sebenarnya, dan ini menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi kita semua memaparkan what is the true wisata halal (wisata halal yang sebenarnya),” ungkap Sandi.

Baca Juga: Edy: Tidak Ada Penerapan Wisata Halal di Danau Toba

Dalam kunjungannya, dia juga menjajal beberapa atraksi yang ditawarkan seperti berkuda hingga memanah. Kegiatan tersebut adalah sunah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

"Bukan hanya sekadar atraksi wisata tetapi juga kedua aktivitas tersebut merupakan 2 jenis aktivitas yang banyak dilakukan wisatawan dari segmen wisata halal," ucap Sandi.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x