Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Generasi Ketiga Keluarga Bakrie Kini Pegang Bumi Resources

Kompas.tv - 1 September 2021, 13:42 WIB
generasi-ketiga-keluarga-bakrie-kini-pegang-bumi-resources
Presiden Direktur PT Bumi Resources Tbk Aga Bakrie (Sumber: Instagram PT Bumi Resources Tbk)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Generasi ketiga keluarga Bakrie semakin banyak yang menduduki jabatan penting di PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Adalah Adika Nuraga Bakrie atau yang biasa dipanggil Aga Bakrie, yang kini menjabat sebagai Presiden Direktur BUMI. Serta Adhika Andrayudha Bakrie atau Andra Bakrie menjabat sebagai Komisaris BUMI. 

Pengangkatan keduanya dilakukan para pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) BUMI, yang digelar Selasa (31/08/2021). Aga Bakrie menggantikan Saptari Hoedaja yang telah wafat pada Juli lalu.

RUPS juga mengangkat Rio Supin sebagai direktur yang bertanggung jawab atas proyek yang dilaksanakan BUMI. Saat ini, Rio Supin juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Darma Henwa Tbk (DEWA), anak usaha BUMI. 

Sementara di dewan komisaris, perombakan terjadi karena Rosan Perkasa Roeslani mengundurkan diri dari jabatan Presiden Komisaris BUMI. Rosan akan mengemban tugas baru yang diberikan Presiden Joko Widodo, sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat.

Baca Juga: Berkas Perkara Kasus Narkoba Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Dilimpahkan ke Kejaksaan

RUPS akhirnya mengangkat Sharif Cicip Sutardjo  menggantikan Rosan. Sharif Cicip Sutardjo adalah Menteri Kelautan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar saat Golkar dipimpin Aburizal Bakrie.

Aga Bakrie adalah anak pertama Nirwan Dermawan Bakrie. Sementara Andra Bakrie merupakan anak kedua Nirwan. 

Nirwan merupakan putra ketiga Achmad Bakrie, pendiri Grup Bakrie. Nirwan menangani bisnis keluarga Bakrie menggantikan kakaknya, Aburizal Bakrie.

Sebelumnya, Aga Bakrie menjabat sebagai Deputi CEO sekaligus Direktur BUMI. Pria kelahiran Jakarta 14 Desember 1981 ini, juga tercatat menduduki posisi penting lainnya di sejumlah perusahaan Bakrie.

Baca Juga: Anies Beri Diskon Pajak di Jakarta, Ini Daftarnya

Seperti anggota dewan komisaris PT Bakrie Sumatera Plantation sejak 2017, serta direktur di PT Bakrie Capital Indonesia, PT Minarak Brantas Gas, dan PT Gaia Energi Baik. 

Sedangkan Andra Bakrie, juga menjabat sebagai anggota dewan komisaris di Bakrie Sumatera Plantation dan direktur di Bakrie Capital. 

Pria kelahiran Jakarta, 3 Mei 1984, ini juga menjabat sebagai Direktur PT Kaltim Prima Coal dan Direktur Arutmin Indonesia. Lulusan Newbury College, Amerika Serikat, juga menjadi Deputi CEO di PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS), anak usaha BUMI. 

Sementara anak bungsu Nirwan, Adika Aryasthana Bakrie atau Arya Bakrie, juga menjabat sebagai direktur BRMS.



Sumber : Kontan


BERITA LAINNYA



Close Ads x