Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tol JORR II Diresmikan Hari Ini, Warga Tangerang dan Depok Punya Akses Baru ke Bandara

Kompas.tv - 1 April 2021, 08:26 WIB
tol-jorr-ii-diresmikan-hari-ini-warga-tangerang-dan-depok-punya-akses-baru-ke-bandara
Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran. (Sumber: KONTAN/Baihaki)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo hari ini akan meresmikan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Tol Serpong–Cinere Seksi I. Keberadaan jalan tol ini akan mempercepat akses dari Cengkareng menuju Kunciran maupun sebaliknya.

Begitu juga akses warga Depok dan sekitarnya yang ingin menuju Bandara Soekarno-Hatta lewat Tol Serpong–Cinere Seksi I Pamulang-Serpong.

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Tol Serpong–Cinere merupakan bagian dari Tol Jakarta Outer Ring Road II. Melalui Tol JORR II ini, jarak Depok ke Bandara Soekarno-Hatta hanya sekitar 40 km, sehingga diperkirakan bisa ditempuh dalam 30 menit saja.

Baca Juga: Bandara Terbesar Kedua di Indonesia jadi Bengkel Pesawat, Pengamat: Jadi Gedung Kesenian Saja

Sementara Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran akan terhubung dengan jalan tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. Ruas ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Cinere-Serpong.

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dibangun oleh PT Jasa Marga Tbk, melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC). Pembangunan jalan ini dimulai sejak 2017 dan menghabiskan dana sebesar Rp 3,5 triliun.

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran masuk ke dalam jaringan Jalan Tol JORR II yang memiliki panjang keseluruhan 14,19 kilometer.

Jalan tol ini terbagi menjadi empat Seksi, yaitu Seksi I Simpang Susun Kunciran- Underpass Tirtayasa (2,04 Km), Seksi II Underpass Tirtayasa-Underpass Benteng Betawi (3,52 Km), Seksi III Underpass Benteng Betawi-Underpass Husein Sastranegara (6,57 Km), dan Seksi IV Underpass Husein Sastranegara-Simpang Susun Benda (2,06 Km).

Baca Juga: Dibangun dengan Uang Triliunan, Bandara Kertajati akan Jadi Bengkel Pesawat

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran memiliki total 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara.

Jalan tol ini dilengkapi dengan dua simpang susun, yakni Simpang Susun Kunciran dan Simpang Susun Benda di Cengkareng.

Untuk layanan lalu lintas di jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, akan dioperasikan oleh PT Jasamarga Tollroad Operator.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x