Kompas TV bisnis kebijakan

Akhirnya BST Rp 300.000 Cair Hari Ini, Cek ATM Bank DKI Terdekat

Kompas.tv - 12 Maret 2021, 18:08 WIB
akhirnya-bst-rp-300-000-cair-hari-ini-cek-atm-bank-dki-terdekat
Warga Kelurahan Makasar, Jakarta Timur, sedang antre di ATM Bank DKI untuk mengambil BST (12/03/2021) (Sumber: Hening Ratri Sugiarto)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bantuan sosial (bansos) tunai sebesar Rp 300.000 untuk warga Jakarta akhirnya cair hari ini, Jumat (12/03/2021). Penerima bansos yang sudah memegang ATM Bank DKI bisa langsung mengambilnya di ATM Bank DKI terdekat.

Bansos tunai (BST) yang cair hari ini, adalah BST untuk tahap 2 atau yang seharusnya cair pada Februari kemarin. Salah satu wilayah yang warganya sudah mendapatkan BST adalah Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

"Segera ke ATM (Bank DKI) terdekat, udah cair nih bener, " kata Sudarsono, warga Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar kepada Kompas.TV.

Baca Juga: Data Penerima BST Diperbarui, Jangan Kaget Kalau Dicoret

Sedangkan BST tahap 3 akan dicairkan pada pekan terakhir Maret.

"Untuk pencairan Tahap 3 akan dilakukan di akhir bulan Maret setelah penyelesaian transfer dana Tahap 2. Insya Allah tidak bergeser waktunya," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, pada pekan lalu (05/03/04).

Seharusnya, BST tahap 2 dicairkan pada Februari lalu. Namun Dinsos DKI sedang memperbarui data penerima BST, sehingga pencairannya terlambat.

Nantinya, warga yang sudah menerima BST tahap 1 tapi ternyata tidak sesuai ketentuan, akan dihapus sebagai penerima BST. Sehingga tidak bisa lagi menerima BST tahap selanjutnya.

Baca Juga: Hasil Pemutakhiran Data Pemprov DKI, 186.882 KK di Jakarta Sudah Tidak Terima BST

"Adanya perubahan data itu yang membuat pencairan BST Tahap 2 baru dapat dilakukan pada bulan Maret, disusul dengan pencairan Tahap 3," ujar Premi.

Kemudian ada juga warga yang belum mendapatkan BST tahap 1 , namun lewat usulan baru bisa mendapatkan BST di bulan Maret.

"Penerima manfaat usulan baru tersebut akan memperoleh bantuan di bulan Maret 2021 dengan penjadwalan undangan pendistribusian kartu BST yang dibagikan oleh Bank DKI, " terang Premi.

BST diberikan bagi masyarakat yang ber-KTP DKI Jakarta dan merupakan keluarga penerima bantuan sosial sembako tahun 2020.

Daftar penerima BST juga merupakan hasil pembaruan dan pemadanan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: KPK Selidiki Nama-Nama Baru di Kasus Korupsi Bansos

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x