Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

3 Ruas Tol Ini Sekarang Gunakan Struk Digital

Kompas.tv - 17 Februari 2021, 23:31 WIB
3-ruas-tol-ini-sekarang-gunakan-struk-digital
PT Lintas Marga Sedaya (Astra Infra) melalui unit bisnis Astra Infra Solutions (AIS) mengembangkan inovasi teknologi Struk Digital. (Sumber: Astra Infra)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tiga ruas tol kini tidak lagi memberikan struk bukti pembayaran tol secara fisik. Namun, pengguna bisa mendapat struk digital di Jalan Tol Ruas Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto.

Ketiga tol tersebut dikelola Astra Infra Solutions yang merupakan unit bisnis dari Astra Infra. Pengguna jalan tol bisa mengunduh struk digital di website astratol.co.id.

Baca Juga: Dirut INA: Jalan Tol yang Pertama Kami Tawarkan ke Investor

Pengguna jalan tol dapat mengunduh setruk digital hingga 30 hari setelah tanggal transaksi, sehingga akan memudahkan pengguna jalan tol yang membutuhkan setruk sebagai bukti perjalanan.

Dengan struk digital, masalah struk fisik yang kadang tidak keluar dari mesinnya juga teratasi. Penerapan struk digital don tiga ruas tol tersebut dilakukan secara bertahap. 

Baca Juga: Ini Hal-Hal yang Bisa Bikin Pengendara Kena Denda Besar di Jalan Tol

"Dalam kondisi pandemi saat ini, inovasi teknologi adalah salah satu kunci untuk dapat terus melayani masyarakat dengan baik, " ujar CEO Toll Road Business Group Krist Ade Sudiyono saat peluncuran struk digital secara daring, Rabu (17/2/2021).

Selain itu, inovasi struk digital ini juga mencegah penularan covid, yang mungkin terjadi saat pengguna jalan tol melakukan transaksi dengan setruk fisik. Serta dapat mengurangi penggunaan kertas dan timbunan sampah struk kertas yang kerap terjadi di gardu tol.

"Penerapan digital struk mendukung komitmen ASTRA Infra untuk Indonesia Hijau," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama juga diperkenalkan inovasi Sistem Monitoring Transaksi Tol. Inovasi yang berkaitan dengan settlement perbankan ini, semula dilakukan per ruas tol, kini telah terintegrasi dalam satu platform aplikasi.

Ke depannya, keunggulan pelayanan ini diharapkan dapat diaplikasikan di seluruh operator jalan tol yang dikelola AIS. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x