Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Muncul Titik Terang Vaksin, Harga Minyak Melambung

Kompas.tv - 11 November 2020, 08:23 WIB
muncul-titik-terang-vaksin-harga-minyak-melambung
PRODUKSI MINYAK MENTAH DUNIA (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Dyah Megasari

JAKARTA, KOMPASTV. Pesta pora yang terjadi di bursa dunia, juga memberikan energi baik pada harga minyak mentah dunia.

Rabu (11/11) pukul 7.17 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember 2020 di New York Mercantile Exchange berada level USD 41,69 per barel. Menguat 2,20% ketimbang harga penutupan perdagangan kemarin. Dalam tiga hari kenaikan, harga minyak WTI mengakumulasi kenaikan 12,25%.

Sama dengan yang terjadi di bursa saham, katalis utama pengerek harga minyak dunia adalah pengumuman Pfizer Inc, yang menyatakan bahwa vaksin hasil uji coba dan diproduksinya bersama dengan BioNTech, memiliki efektivitas 90 persen terhadap virus corona.

Baca Juga: Penyerapan Minyak Mentah Pertamina Anjlok 20 Persen

Klaim efektivitas vaksin masih butuh waktu untuk pembuktian. Perlu diingat bersama, pandemi belum berakhir. Bahkan sejumlah negara di Eropa berencana melakukan lockdown lebih ketat.

"Jumlah kasus yang terus naik bisa berarti bahwa akan ada lockdown yang lebih ketat dan tren work at home yang menurunkan permintaan bahan bakar," kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates.

Lockdown inilah yang membuat harga minyak diprediksi masih akan tertahan, karena aktivitas manufaktur dan masyarakat belum bisa dipastikan berjalan normal. (Sumber: Kontan, Reuters, Bloomberg)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x