Kompas TV nasional kompas malam

18 Mahasiswa Indonesia di Beirut Dipastikan Selamat dari Ledakan

Kamis, 6 Agustus 2020 | 06:31 WIB

BEIRUT, KOMPAS.TV – Kota Beirut, diguncang ledakan yang sangat besar, pada Selasa kemarin. 

Akibat ledakan ini, kerusakan ibu kota Lebanon itu sangat parah, setidaknya 100 warga dilaporkan meninggal dunia, sementara lebih dari tiga ribu orang lainnya dilaporkan luka-luka, salah satunya adalah warga negara Indonesia.

Detik-detik ledakan yang terjadi di beirut, Lebanon pada Selasa petang waktu setempat. Seketika kepulan asap hitam membumbung tinggi, diikuti dengan kobaran api.

Ledakan ini terjadi di kawasan pelabuhan kota Beirut, dan mengguncang seisi kota.

Bahkan suara ledakan dan kepulan asap bak sempat terlihat sampai ke kota Siprus, yang berjarak 240 kilometer dari Beirut.

Presiden Lebanon Michel Oun memimpin hening cipta untuk para korban ledakan. Prosesi hening cipta dilakukan di Istana Kepresidenan.

Hening cipta dilakukan sebelum rapat yang diikuti seluruh anggota kabinet.

Tak ada kata yang bisa menggambarkan kengerian yang terjadi di Beirut kemarin malam.

“Ini saatnya untuk memamkamkan para korban meninggal, mengobati yang luka dan mencari yang hilang. Insiden ini membuat semua orang terkejut. Saya memohon hari ini untuk menunjukkan solidaritas dan bantuan timbal balik agar kita dapat mengatasi, bersama-sama, efek bencana yang jauh melampaui daya tahan Lebanon selama keadaan ekonomi dan kesehatan yang keras di mana itu meninggal." ujar Michel.

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:45
WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 1.689 ORANG: 1.220 SEMBUH, 153 MENINGGAL DUNIA, 316 DALAM PERAWATAN   MENLU RETNO MARSUDI TEKANKAN POLITIK LUAR NEGERI BEBAS AKTIF DI DEPAN MENLU AS MIKE POMPEO   BAKAMLA TANGKAP 2 KAPAL IKAN VIETNAM DI LAUT NATUNA   KUOTA WISATAWAN GUNUNG BROMO, JAWA TIMUR, PENUH HINGGA AKHIR OKTOBER 2020   JALUR PENDAKIAN GUNUNG SUMBING VIA BUTUH KALIANGKRIK, MAGELANG, TETAP BUKA PADA LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020   BNPB SEBUT PENGUNGSI AKIBAT BANJIR DI CILACAP, JATENG, BERTAMBAH MENJADI 613 JIWA   BPBD CIANJUR, JABAR, INGATKAN PENGGUNA JALAN DI SEPANJANG JALUR PUNCAK SOAL POTENSI POHON TUMBANG SERTA LONGSOR   TERHITUNG 26-29 OKTOBER 2020, 168.653 KENDARAAN LINTASI TOL CIKOPO-PALIMANAN (CIPALI)   TAK BERMASKER, PULUHAN WISATAWAN DI PUNCAK CIANJUR TERKENA OPERASI YUSTISI   PEMPROV JABAR SIAPKAN 54 TITIK PEMERIKSAAN TES CEPAT KORONA BAGI WISATAWAN SECARA ACAK GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   PEMPROV JAWA BARAT SIAPKAN 26.700 TES CEPAT KORONA BAGI WISATAWAN YANG BERWISATA DI JABAR DALAM PEKAN INI   PREDIKSI PUNCAK ARUS BALIK PADA 1 NOVEMBER 2020, MENHUB MINTA PEMUDIK PULANG LEBIH AWAL   BKN SEBUT PESERTA CPNS 2019 YANG DINYATAKAN TIDAK LULUS DAPAT AJUKAN SANGGAHAN KE PORTAL SSCN   TERSANGKA PENYUAP MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI, HIENDRA SOENJOTO, DITAHAN KPK SELAMA 20 HARI KE DEPAN