Kompas TV regional berita daerah

Mengisi Waktu Luang Menjadi Barista Cilik

Kompas.tv - 5 Agustus 2020, 17:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.TV - Sekilas kedai kopi yang berada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, sama dengan kedai kopi pada umumnya. Tapi tidak ada yang menyangka, kopi-kopi yang disajikan di kedai ini hasil racikan dari barista cilik yang masih berusia 13 tahun. Namanya, Raka Ahmed Nusa Hunaifa Aziz, siswa kelas VIII di SMP 1 Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Setiap harinya, Raka sudah mampu mengelola kedai kopi dibantu oleh orang tuanya.

Meski belum lama membuka kedai kopi, namun Raka sudah terlihat piawai dalam meracik serta menyajikan kopi. Raka sendiri belajar teknik penyajian kopi dari sang ayah, yang setiap hari melakukan penyajian kopi. Karena memiliki ketertarikan lebih, Raka kemudian mengikuti kursus profesional barista.

Berbagai teknik penyajian kopi sudah dikuasainya, mulai dari  vietnam drip , latte art hingga espresso. Bahkan untuk semakin mengasah kemampuan meracik kopinya, ia juga banyak membaca teknik - teknik penyajian kopi dari internet maupun buku - buku tentang kopi.

Walaupun sudah mengelola kedai kopi secara mandiri, namun Raka tetap mengutamakan pendidikan sekolah yang dilakukan secara daring atau online. Oleh sebab itu, kedai kopi sendiri buka setelah dirinya selesai mengikuti kelas daring dan mengerjakan tugas serta memiliki waktu luang.

Kedai kopi yang diberi nama Kopinya Raka ini tidak semata - mata untuk komersial, namun lebih bertujuan untuk menyalurkan hobi anaknya dan mengurangi kegiatan yang kurang bermanfaat pada libur sekolah ini. Sebab, kedua orang tua selalu mendampingi diwaktu kelas daring dan mengutamakan pendidikan bagi anaknya.

Seiring berjalannya waktu, banyak penikmat kopi yang datang untuk menikmati kopi di kedai ini. Selain kopinya yang enak, yang diracik oleh barista cilik, suasana kedai yang nyaman juga banyak dipilih oleh para penikmat kopi.

Raka dengan kedai kopinya membuktikan, bahwa dengan kreatifitas dan kemauan untuk belajar, akan membuahkan ketrampilan akan hal baru yang mungkin bisa menjadi jalan kesuksesannya di masa depan.

#Kopi #Barista #Gunungkidul

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x