Kompas TV regional update corona

34 Karyawan Positif Covid-19, Koperasi Simpan Pinjam di Sleman Jadi Klaster Baru

Kompas.tv - 4 Agustus 2020, 08:55 WIB
34-karyawan-positif-covid-19-koperasi-simpan-pinjam-di-sleman-jadi-klaster-baru
Koprasi Simpan Pinjam Bhakti Sleman Yogyakarta menjadi klaster baru setelah 34 karyawan dinyatakan positif Covid-19 (Sumber: KOMPAS TV/Michael Aryawan)
Penulis : Johannes Mangihot

SLEMAN, KOMPASTV – Sebuah koperasi simpan pinjam (KSP) di Sleman, Yogyakarta menjadi klaster baru setelah 34 karyawannya terkonfirmasi positif Covid-19.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Yogyakarta telah melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang kontak dekat dengan para pegawai koperasi tersebut.

Selain melakukan penelusuran, Dinkes Sleman telah meminta Koperasi yang berlokasi di jalan Kaliurang Kilometer 9 itu ditutup sementara.

Baca Juga: 5 Taruna Akpol Terkonfirmasi Positif Corona di Yogyakarta

Kepala Dinas Kabupaten Sleman Joko Hastaryo menjelaskan KSP Bhakti menjadi klaster baru karena ditemukan penyebaran yang antar karyawan.

Tak hanya itu, hasil penelusuran diketahui keluarga karyawan yang dinyatakan positif juga ikut tertular.

“Pola penyebarannya sudah diketahui, dari satu orang menularkan ke beberapa orang, dan beberapa orang ini dia menularkan ke keluarganya,” ujar Joko di kantor Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Selasa (4/8/2020).

Joko menambahkan, ditemukannya kasus Covid-19 di KSP Bhakti ini setelah Dinkes Sleman melakuakan tes swab terhadap karyawan.

Baca Juga: Sejumlah Titik Lampu Merah di Yogyakarta Gunakan Marka Jalan Khusus Jaga Jarak

Hasilnya ditemukan 34 karyawan KSP Bhakti terkonfirmasi positif covid-19.

Untuk memutus rantai penularan seluruh karyawan yang terkonfirmasi positif covid-19 dirujuk ke sejumlah rumah sakit sesuai dengan kartu identitas penduduknya masing-masing.

“Sembilan karyawan kami rujuk ke tempat tinggalnya di salah satu kabupaten di Jawa Tengah karena beralamat disana. Jadi yang dirawat di Sleman ini ada 25 orang,” ujar Joko.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x