Kompas TV regional berita daerah

13 Tambang Ilegal Ditutup

Kompas.tv - 30 Juli 2020, 14:49 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG.KOMPAS. TV - Wakil Gubernur  Jawa barat  Uu Ruzhanul Ulum melakukan inspeksi mendadak  ke lokasi tambang pasir ilegal di desa cidadap  kecamatan karangnunggal kabupaten tasikmalaya. Hasil sidak provinsi jabar menutup tiga titik lokasi tambang pasir ilegal di kecamatan karang nunggal dan sembilan titik di kecamatan cikalong.

Sesuai arahan gubernur jabar ridwan kamil,  kang uu menjelaskan, pihaknya hanya menutup sementara aktivitas pertambangan bahan galian c hingga para pemilik tambang mendapat izin beroperasi yang resmi dari pemda provinsi jabar.

Menurut Kang Uu  pemerintah bukan ingin menutup  tambang, karena yang namanya galian jelas manfaatnya multifungsi, baik untuk pendapatan masyarakat sekitar, roda perekonomian, meningkatkan ipm (indeks pembangunan manusia), dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan pembangunan," kata kang uu.

Pemda provinsi jabar mendorong legalitas tambang pasir khususnya di kabupaten tasikmalaya agar para pengusaha tambang bisa menjual hasil galian secara resmi ke berbagai proyek pembangunan di jabar bahkan luar jabar.

sementara lokasi tambang ilegal ditutup, kang uu mengatakan bahwa pihaknya akan memanggil dinas terkait untuk menindaklanjuti proses perizinan termasuk menyoal potensi penggalian di sungai yang boleh dilakukan menurut undang-undang.

kepada kepala desa sebagai aparatur pemerintah dalam penegakan aturan, kang uu meminta mereka untuk terus menyampaikan informasi-informasi terkait kepada masyarakat atau para penambang.

Untuklebihtahuberitater-update seputarJawa Barat, bisaklink link di bawah .

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :https://www.youtube.com/c/kompastvjawabarat/

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x