Kompas TV nasional berita kompas tv

Waspada, Puluhan Kantor di Jakarta Jadi Klaster Sebaran Corona

Rabu, 29 Juli 2020 | 13:46 WIB

KOMPAS.TV - Kurva kasus covid-19 di tanah air masih terus menanjak. Ada delapan klaster yang jadi penyumbang terbesar dan perlu diwaspadai.

Salah satunya adalah klaster perkantoran. Terlebih, sejak pelonggaran aturan PSBB dan warga mulai ngantor seperti biasa, kesadaran mematuhi protokol kesehatan mulai luntur.

 Delapan klaster ditandai pemerintah sebagai penyumbang terbesar penyebaran covid-19, di tanah air.

Meski sejumlah aturan telah diformulasi untuk mengurangi kerumunan, perkantoran kini jadi salah satu tempat yang di Ibu Kota Jakarta saja.

Wakil Gubernur Riza Patria menyebut, per 28 Juli, sudah ada 66 lingkungan perkantoran yang jadi klaster penyebaran virus corona, dengan total 544 pekerja positif terinfeksi covid-19.

 Jenuh dan euforia karena sudah lama tak bertemu teman jadi sejumlah penyebab utama lonjakan kasus covid-19, yang diamini ahli epidemiologi, Profesor Budi Haryanto.

Sejak aturan PSBB transisi mengizinkan aktivitas perkantoran, potensi penularan corona di kantor adalah sebuah keniscayaan.
Menjaga diri masing-masing dengan disiplin protokol kesehatan selama di kantor jadi satu-satunya jalan.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, mengatur, jika ada karyawan atau pegawai yang positif covid-19, perusahaan wajib menutup kantor selama tiga hari.

Penelusuran kontak, dan pelacakan, juga wajib dilakukan terhadap semua karyawan yang berinteraksi dengan pasien positif covid-19.

Baca Juga: Waspada Perkantoran Jadi Klaster Baru Sebaran Virus Corona

Penulis : Fransiska Wijayanti


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:20
BLACKPINK DITUNJUK JADI DUTA KONFERENSI PERUBAHAN IKLIM PBB (COP26) 2021   BNPB: 60 RUMAH RUSAK RINGAN PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 5,2 DI LABUHA, HALMAHERA SELATAN   SEMPAT PADAM SAAT GEMPA 5,2 MAGNITUDO, JARINGAN LISTRIK DI LABUHA, HALMAHERA SELATAN, KEMBALI PULIH   DARI KEDUA TERDUGA TERORIS YANG DITANGKAP DI SURABAYA DAN MOJOKERTO SEJUMLAH BARANG BUKTI DISITA DI ANTARANYA PEDANG   DENSUS 88 POLRI TANGKAP DUA PRIA TERDUGA TERORIS DI SURABAYA DAN MOJOKERTO, JAWA TIMUR   TERKAIT PENEMBAKAN DI CENGKARENG, KOMPOLNAS MINTA POLRI LAKUKAN TES KEJIWAAN BAGI POLISI PEMEGANG SENJATA API   KPK INGATKAN KEPALA DAERAH YANG BARU DILANTIK AGAR SELALU MEMEGANG TEGUH INTEGRITAS   POLDA METRO JAYA BERENCANA USULKAN LOKASI KAMPUNG TANGGUH JAYA JADI LOKASI VAKSINASI COVID-19 UNTUK MASYARAKAT   AZIS SYAMSUDDIN: TAHANAN KPK BUKAN PRIORITAS VAKSINASI SEHINGGA BERPOTENSI TIMBULKAN KETIDAKSETARAAN AKSES   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA KEMENKES MENGEVALUASI PROSEDUR PEMBERIAN VAKSIN COVID-19 BAGI TAHANAN KPK   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR: TOTAL PESERTA YANG DIVAKSINASI DI KOMPLEKS PARLEMEN DIPERKIRAKAN MENCAPAI 12.000 ORANG   SYARAT BAWA HASIL TES USAP DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK KEMBALI DIPERPANJANG HINGGA LIBUR HARI RAYA IDUL FITRI   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 3.292: 2.368 SEMBUH, 171 MENINGGAL DUNIA, DAN 753 DALAM PERAWATAN   HINGGA 26 FEBRUARI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.322.866 ORANG, 1.128.672 SEMBUH, & 35.786 MENINGGAL DUNIA