Kompas TV nasional politik

Izin Sekolah Tatap Muka di Luar Zona Hijau, Jadi Angin Segar?

Kompas.tv - 27 Juli 2020, 17:56 WIB
izin-sekolah-tatap-muka-di-luar-zona-hijau-jadi-angin-segar
Guru asal Sumenep, Jawa Timur, Avan Fathurrahman rela datang ke rumah siswanya untuk mengajar karena keterbatasan alat belajar online, seperti ponsel maupun tv. (Sumber: FACEBOOK/AVAN FATHURRAHMAN)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemberian izin pemerintah untuk aktivitas belajar mengajar secara tatap muka di luar zona hijau Covid-19 menjadi angin segar.

Sebelumnya, aktivitas belajar tatap muka hanya diizinkan untuk sekolah yang berada di zona hijau. Sementara untuk sekolah di luar zona hijau, seperti zona kuning dan merah, pemerintah hanya mengizinkan untuk aktivitas sekolah secara online.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, dalam jumpa pers usai rapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengatakan pemerintah akan memberi izin penyelenggaraan sekolah tatap muka di luar zona hijau Covid-19.

Menurutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memiliki langkah-langkah untuk pemberian izin aktivitas belajar mengajar secara tatap muka untuk sekolah yang berada di luar zona hijau.

"Mungkin tidak lama lagi akan diumumkan, daerah-daerah yang selain zona hijau itu juga akan diberikan kesempatan melakukan kegiatan belajar tatap muka," kata Doni, dikutip dari Kompas.com, Senin (27/7/2020).

Baca Juga: Doni Monardo: Kemendikbud Akan Beri Izin Sekolah Tatap Muka di Luar Zona Hijau

Meski diputuskan akan diberikan izin untuk menggelar aktivitas belajar mengajar secara tatap muka, namun Doni menegaskan, hal ini dilakukan secara terbatas.

Penjelasannya, jumlah siswa yang hadir dalam dibatasi, durasi belajar di kelas juga dipersingkat.

Keputusan pemerintah ini didasari, banyaknya siswa di daerah yang kesulitan belajar secara online karena sulitnya sinyal internet di wilayahnya.

Doni memuji berbagai kebijakan dan kreativitas di daerah yang menyesuaikan keadaan agar tidak menggelar aktivitas belajar secara tatap muka.

"Beberapa daerah yang telah berinisiatif menggunakan radio panggil sebagai sarana pembelajaran oleh guru. Tentunya kita berikan apresiasi karena tidak ada rotan, akar pun jadi," ujar Doni. 

Doni mengapresiasi kreativitas yang berkembang agar aktivitas belajar mengajar tetap ada, meski dilakukan dengan segala keterbatasan.

Baca Juga: Kisah Siswa Tak Punya Gadget, Pilih Belajar Sendiri di Sekolah

Berbagai Kesulitan Siswa di Tengah Pandemi
Keputusan pemerintah untuk memberikan izin sekolah tatap muka di luar zona hijau memberikan angin segar untuk berbagai permasalah yang mendera sekolah dan siswa selama pandemi Covid-19.

Berbagai kesulitan di daerah mengemuka saat mencoba menyesuaikan diri untuk tidak menggelar aktivitas belajar mengajar secara online.

Beberapa contohnya sebagai berikut.

1. Nekat Bersekolah karena Tak Punya Handphone
Dimas Ibnu Alias, siswa SMP Negeri 1 Rembang, Jawa Tengah. Dia terpaksa melanggar aturan bersekolah secara online

Dia seorang diri mendatangi sekolah untuk mendapatkan pengajaran. Pasalnya, dia tidak bisa mengikuti aturan belajar secara online karena tidak memiliki smartphone

Orangtuanya pun tak mampu untuk membelikannya smartphone.  




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x