Kompas TV nasional update corona

Jokowi Tegaskan Tak Ada Pembubaran Satgas Covid-19: Kesehatan Prioritas Tak Boleh Kendur!

Kompas.tv - 27 Juli 2020, 14:29 WIB
jokowi-tegaskan-tak-ada-pembubaran-satgas-covid-19-kesehatan-prioritas-tak-boleh-kendur
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi Tegaskan Tak Ada Pembubaran Satgas Covid-19: Kesehatan Prioritas Tak Boleh Kendur! (Sumber: Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa tidak ada pembubaran Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di pusat maupun daerah.

"Perlu saya tekankan juga tidak ada yang namanya pembubaran Satgas Covid-19, enggak ada. Baik di pusat maupun di daerah. Enggak ada. Semuanya harus tetap bekerja keras," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas pengarahan Komite Penanganan Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, secara virtual, Senin (27/7/2020).

Baca Juga: Ini 3 Arahan Jokowi Untuk Komite Covid-19, Salah Satunya Turunkan Angka Kematian

Menurutnya, pembentukan komite hanya untuk mengintegrasikan penanganan Covid-19 di sektor kesehatan dan ekonomi yang sama-sama terdampak.

Jokowi pun meminta komite memfokuskan kinerja untuk menangani Covid-19 di DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan Papua.

"Karena delapan provinsi ini berkontribusi 74 persen kasus positif yang ada di Indonesia. Targetnya saya kira udah jelas turunkan angka kematian serendah-rendahnya. Tingkatkan angka kesembuhan setinnggi-tingginya," kata Jokowi.

"Dan juga kendalikan laju pertumbuhan kasus positif baru secepat-cepatnya. Tiga T. Testing, tracing, dan treatment, dan betul-betul harus dilakukan secara masif dan lebih agresif," lanjut Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tetapkan Target Serius Tangani Covid-19 di Indonesia

Arahan Presiden Jokowi untuk Komite Covid-19 pada Senin 27 Juli 2020. (Sumber: Twitter @jokowi)

Sibuk untuk Aura Krisis

Selain itu, Jokowi juga meminta seluruh pos kementerian tidak kehilangan aura krisis dalam menangani pandemi Covid-19.

"Saya ingin di setiap posko yang ada, baik di BNPB, di pusat, di daerah, di komite itu kelihatan sangat sibuk ke sana-ke sini itu lho. Itu auranya krisis itu ada," ujar Jokowi pada kesempatan yang sama.

Ia pun mengingatkan para menterinya tak mengurangi kecepatan dalam bekerja di masa pandemi Covid-19.

Jangan Terjebak Regulasi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x