Kompas TV feature hobi

Operasi Kecil Arwana Super Red Grand Champion

Senin, 27 Juli 2020 | 09:02 WIB
operasi-kecil-arwana-super-red-grand-champion
Melakukan operasi kecil pada insang ikan Arwana Super Red yang melipat serta keriput, dibutuhkan ketenangan dan kesabaran (Sumber: Indo Dragon88)

Mengutip dari IndoDragon, Ronald pemilik dari RDC Arowana Cianjur hendak melakukan operasi insang dan pembersihan jamur di kumis ikan Arwana Super Red miliknya yang telah beberapa kali memenangkan Grand Champion.

Operasi ini adalah hal yang lumrah dan rutin ia lakukan dalam merawat ikan-ikannya agar selalu sehat dan tampil memesona.

Dalam kesehariannya Ronald terbiasa menangani ikan Arwana besar dengan panjang diatas 50 centimeter ini seorang diri.

Teknik Putar

Sebelum memindahkan ikan ini ke media lain Ronald menangkap ikan Arwana Super Rednya terlebih dulu dengan menggunakan teknik putar, yaitu dengan memegang bagian atas kepala atau menutup bagian samping wajah dan dagu, atau bagian dibawah mulut ikan dengan hati-hati. Lalu ia membuatnya berputar-putar sekitar 5 hingga 10 menit. Hal ini dimaksudkan agar membuat Ikan lelah, kemudian terkulai lemas dan akhirnya jinak terkendali.

Tidak dianjurkan bila ikan dikejar-kejar langsung dengan menggunakan kantong plastik sebab dikhawatirkan bisa menciderai ikan Arwana.

Ada hal yang harus diperhatikan dalam teknik putar ini, yaitu jangan sentuh atau pegang badan dan ekor Arwana sebab pada bagian ini dilindungi lendir yang sangat sensitive hingga ikan Arwana mudah terkejut.

Editor : Agung Pribadi

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:02
PM INDIA NARENDRA MODI JAMIN KAPASITAS PRODUKSI VAKSIN VIRUS KORONA TAK AKAN TERBATAS DAN EKSKLUSIF   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN SEBUT SEKTOR PARIWISATA DIFOKUSKAN UNTUK WISATAWAN DOMESTIK HINGGA AKHIR 2020   KEMENTERIAN ESDM OPTIMISTIS TARGET 1 JUTA PEMASANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ATAP TERCAPAI   KEMENTERIAN ESDM DORONG PENGEMBANGAN PROGRAM “RENEWABLE ENERGY BASED INDUSTRY” MELALUI PLTA SKALA BESAR   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO DUKUNG KONSER DANGDUT YANG DIGELAR WAKIL KETUA DPRD KOTA TEGAL DIPROSES HUKUM   POLRI COPOT KAPOLSEK TEGAL SELATAN TERKAIT KONSER DANGDUT YANG DISELENGGARAKAN WAKIL KETUA DPRD TEGAL   IMBAS MUNDURNYA SEJUMLAH PEGAWAI, PIMPINAN KPK AKAN MELAKUKAN EVALUASI SISTEM KEPEGAWAIAN KPK   WAKIL KETUA KOMISI III DPR AHMAD SAHRONI MEMINTA MUNDURNYA SEJUMLAH PEGAWAI KPK TAK PERLU DIBESAR-BESARKAN   BALEG DPR SEBUT SANKSI PIDANA TAK DIBAHAS DALAM KLASTER KETENAGAKERJAAN RUU CIPTA KERJA   KONTRAS KECAM PENGANGKATAN DUA ANGGOTA EKS TIM MAWAR SEBAGAI PEJABAT KEMENHAN   GEDUNG DITUTUP SELAMA TIGA HARI, BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA TEGASKAN TAK ADA PEGAWAI POSITIF COVID-19   IKATAN DOKTER INDONESIA SEBUT HINGGA SAAT INI TERDAPAT 123 DOKTER MENINGGAL DUNIA SELAMA PANDEMI   JADI KLASTER COVID-19, PEMKAB BANYUMAS AKAN MELAKUKAN TES USAP TERHADAP SANTRI DI SEMUA PONDOK PESANTREN   SEKOLAH TATAP MUKA MASUK TAHAP FINALISASI, WALI KOTA SURABAYA SEBUT GURU & SISWA HARUS MELAKUKAN TES USAP