Kompas TV nasional berita kompas tv

Aplikasi 3S untuk Tracing Pasien Corona, Bagaimana Cara Kerjanya?

Kompas.tv - 26 Juli 2020, 09:40 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

KOMPAS.TV - Alumni mahasiswa ITS, Institut Teknologi Sepuluh November, menciptakan aplikasi untuk mentracing pasien covid-19, aplikasi ini diberi nama 3S, Status,  Sehat, Saya.

Cara kerja dari aplikasi tiga S, salah satunya dengan pemeriksaan mandiri hingga proses verifikasi.

Sekelompok pemuda  di Surabaya , Jawa Timur , menciptakan aplikasi untuk mentracing pasien covid 19.

Aplikasi ini diberi nama tiga S atau Status Sehat Saya. Aplikasi tracing 3S diharapkan  mampu menekan penyebaran Covid 19 di  Indonesia.

Para pembuat aplikasi mengklaim ,  tiga S cukup efektif jika masyarakat terdata secara menyeluruh . Aplikasi ini juga dinilai  dapat mempermudah proses tracing Covid-19.

Para pemuda alumni ITS Surabaya ini, menyatakan sistem kerja dari aplikasi 3S adalah dengan self check-up mandiri hingga proses verifikasi.

Cara kerja aplikasi juga terbilang sederhana. Misalnya,  apabila seseorang positif Covid 19,  maka pihak lain yang juga pengguna aplikasi  akan ternotifikasi, jika di dekatnya ada yang positif covid-19.

Dalam aplikasi tiga S, akan ada tanda yang muncul.

Hijau bagi yang sehat, kuning untuk pengguna dengan status probable Covid -19 , serta merah bagi yang positif Covid 19.

Saat ini , aplikasi tiga S , sudah mendapatkan rekomendasi dari gugus tugas Covid-19 Jawa Timur untuk melakukan riset lanjutan.

Pembuat aplikasi menyatakan kunci dari 3S ini adalah keterbukaan masyarakat dalam memberikan informasi yang benar terkait kondisi  kesehatan dirinya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x