Kompas TV nasional sapa indonesia

Keren! Miniatur Sepeda dari Barang Bekas Mendunia

Kompas.tv - 23 Juli 2020, 19:16 WIB

KARAWANG, KOMPAS.TV - Sekelompok pemuda di Karawang, Jawa Barat, memafaatkan sejumlah barang bekas untuk membuat miniatur sepeda. Dan hingga kini, hasil karya mereka berhasil tembus pasar internasional.

Berlokasi di perumahan Puri Kosambi, Karawang, Jawa Barat, sekelompok pemuda mengumpulkan barang bekas kemudian mereka ubah menjadi miniatur sepeda. Bahan-bahan yang mereka gunakan diantaranya, sedotan bekas, kardus bekas, sapu ijuk, dan kabel bekas.

Semua bahan-bahan itu mereka rangkai menjadi bagian-bagian sepeda, diantaranya bagian ban, rangka sepeda, dan bagian-bagian lainnya, hingga kemudian dirangkai menjadi sebuah miniatur sepeda. Butuh keahlian dan ketelitian khusus untuk bisa merangkai miniatur sepeda, hingga menyerupai aslinya.

Sekelompok pemuda dengan nama Ais Creative miniatur bicycle ini sudah memulai proyek ini sejak tahun 2015. Berawal hanya untuk koleksi pribadi, tetapi akhirnya kini mereka pasarkan miniatur sepeda ini melalui media sosial dan mendapatkan tanggapan yang baik dari banyak warganet hingga pesanan pun mulai muncul.

Pesanan datang dari sejumlah pemilik kafe untuk hiasan ruangan, untuk souvenir, hingga hiasan kue. Selain dari dalam negeri pesanan juga datang  dari luar negeri, seperti Amerika Serikat, Arab Saudi dan negara negara lainya. Bahkan pesanan juga datang dari atlet balap sepeda, hingga bintang Moto GP, Alex Marques.


Satu buah minitur sepeda untuk pasar dalam negeri dijual Rp 300.000, Sementara untuk pasar luar negeri dijual Rp 1.200.000. Sedangkan, omzet penjualan miniatur sepeda ini dalam satu bulan bisa mencapai 20-25 juta rupiah.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x