Kompas TV nasional update corona

3 Negara Ini Jadi Uji Coba Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap Tiga

Kompas.tv - 21 Juli 2020, 20:18 WIB
3-negara-ini-jadi-uji-coba-vaksin-covid-19-sinovac-tahap-tiga
Ilustrasi: vaksin virus corona atau Covid-19. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Vaksin fase ketiga yang dikembangkan China Sinovac Biotech mulai disebar ke negara lain.

Di China, vaksin ini sudah melewati tahap uji coba ke sukarelawan. Hasilnya para relawan mendapat perkembangan yang baik.

Vaksin “inaktif” Sinovac dibuat dengan menumbuhkan seluruh virus di laboratorium dan kemudian membunuhnya.

Baca Juga: [INFO GRAFIS] Mengenal Vaksin Corona Asal China yang Diuji Coba Indonesia

Pada uji coba pertama dan kedua kepada sukarelawan di China, Sinovac secara resmi mengumumkan hasil awal yang positif dari uji klinis. Vaksin menunjukkan profil imunogenisitas dan keamanan yang baik.

Perusahaan farmasi Sinovac Biotech telah menggandeng beberapa negara untuk melakukan uji coba tahap ketiga. Berikut negara yang menjadi tempat uji coba vaksin Covid-19 Sinovac.

1. Brazil

Sinovac telah melakukan uji coba tahap tiga di Brasil. Hal itu diumumkan Sinovac pada Senin (6/7/2020) dan menjadikan mereka satu dari empat perusahaan terdepan yang memproduksi vaksin corona.

Tiga perusahaan lain yang juga mengembangkan vaksin Covid-19 ini adalah AstraZeneca yang dikembangkan para peneliti di Universitas Oxford, Sinopharm dari China, dan Moderna dari Amerika Serikat.

Baca Juga: Vaksin Corona Sinovac dari China Jalani Uji Klinis 6 Bulan di Indonesia

Dalam pengujian ini, sebanyak 9.000 tenaga medis profesional direkrut untuk bekerja di fasilitas khusus penelitian Covid-19 yang rencananya dimulai pada bulan ini.

Sinovac mulai mengembangkan calon vaksin corona pada akhir Januari lalu, dan sedang mempersiapkan pabrik untuk vaksin ini.

Diharapkan pabrik ini dapat memproduksi hingga 100 juta vaksin virus corona dalam setahun. Seperti diberitakan Kompas.com.

Baca Juga: Sorotan: Vaksin Corona Tiba di Indonesia




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x