Kompas TV nasional politik

Jokowi akan Bubarkan 18 Lembaga Negara, Berikut 3 Nama Lembaga yang Dibocorkan Moeldoko

Rabu, 15 Juli 2020 | 09:41 WIB

KOMPAS.TV - Usai mengancam akan melakukan reshuffle kabinet akibat kinerja sejumlah menteri yang dianggap tak maksimal, kini Presiden Joko Widodo kembali melontarkan ancaman terbaru. Tak tanggung-tanggung, ada 18 Lembaga negara yang menurutnya akan dibubarkan dalam waktu dekat

Senin sore (13/7/2020) saat berbincang dengan awak media, Presiden Joko Widodo menyebut bakal ada perampingan lembaga dan komisi negara dalam waktu dekat .

Bahkan Kata Presiden, sejauh ini sudah ada 18 lembaga yang akan dibubarkan. Meski demikian Presiden Jokowi belum memerinci daftar lembaga yang dimaksudnya.

Pembubaran akan dilakukan untuk mengurangi beban anggaran negara.

Bocoran lembaga mana saja yang sedang dikaji oleh Kemenpan-RB untuk dihapus datang dari Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko.

Lembaga tersebut diantaranya adalah Badan Restorasi Gambut (BRG), Badan Standardisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK) dan Komisi Usia Lanjut.

Baca Juga: DPR Setuju Rencana Jokowi Bubarkan 18 Lembaga: Daripada Membebani Negara...

Rencana pemerintah merampingkan lembaga negara mendapat dukungan dari Wakil Ketua Komisi II DPR RI , Saan Mustopa .

Saan Mustopa menyebut saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Kemenpan RB untuk mengkaji lembaga yang akan dibubarkan serta dampak bagi PNS nya.

Rencana pembubaran 18 lembaga demi meringankan beban Anggaran Negara juga mendapat perhatian dari Direktur Eksekutif Core, Mohammad Faisal menyebutkan jika perlu pertimbangan yang matang sebelum melakukan perampingan lembaga.

Pertimbangan yang dimaksud yaitu kriteria lembaga yang akan dibubarkan.

Pemerintah ingin biaya yang semula dihabiskan untuk lembaga yang tidak produktif nantinya dapat dialihkan untuk hal yang lebih penting.

Meski demikian, fungsi dan wewenang yang semula dikerjakan oleh lembaga itu akan diserahkan kepada kementerian terkait.
 

Editor : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:34
BMKG IMBAU WARGA JAUHI ZONA MERAH ERUPSI GUNUNG SINABUNG, KABUPATEN KARO, SUMUT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: RANCANGAN PERPRES PELIBATAN TNI ATASI TERORISME SUDAH DISAMPAIKAN KE MENKUMHAM DAN DPR   STASIUN GEOFISIKA WAINGAPU, SUMBA TIMUR, SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 DI SUMBA BARAT DAYA TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 GUNCANG SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR, PADA SABTU MALAM   PRABOWO SUBIANTO KEMBALI TUNJUK AHMAD MUZANI SEBAGAI SEKJEN PARTAI GERINDRA PERIODE 2020-2025   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: UMKM DIPRIORITASKAN DALAM UPAYA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SAAT PANDEMI   BUPATI BUTON LA BAKRY TERKONFIRMASI POSITIF KORONA DAN TELAH MENJALANI KARANTINA MANDIRI   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: BANYAK DOKTER MENINGGAL DUNIA DISEBABKAN KELELAHAN DAN STRES SAAT TANGANI PASIEN KORONA   PANDEMI KORONA, PEMPROV DKI MENYATAKAN MASIH KAJI PERLOMBAAN YANG BOLEH DIADAKAN SAAT 17 AGUSTUS   PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG, JATIM, MENYATAKAN BELUM BUKA AKSES BAGI PEZIARAH UNTUK MEMASUKI KAWASAN MAKAM GUS DUR   PEMERINTAH AKAN BERIKAN BINTANG JASA 22 TENAGA MEDIS YANG MENINGGAL DUNIA SAAT RAWAT PASIEN KORONA   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA DITUNJUK SEBAGAI WAKIL KETUA KOMITE PELAKSANA PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT KETERLIBATAN TNI DAN POLRI DALAM PENANGANAN COVID-19 SANGAT DIPERLUKAN   HINGGA 8 AGUSTUS 2020, KASUS POSITIF KORONA DI SECAPA AD BERKURANG DARI 1.308 MENJADI 71 ORANG