Kompas TV nasional kompas siang

Anies Baswedan Tetap Teruskan Reklamasi Ancol, Ini Alasannya

Senin, 13 Juli 2020 | 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana akan melakukan reklamasi di kawasan pantai utara Jakarta, Ancol.

Izin kebijakan ini tertuang dalam surat Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 237 Tahun 2020 yang diteken pada 24 Februari 2020 lalu.

Kebijakan ini sempat menuai kritikan dari beragam pihak.

Melalui video yang dirilis oleh akun youtube Pemprov DKI Jakarta pada Sabtu (11/7), Anies mengklaim, reklamasi yang akan dilakukan di Ancol berbeda dengan reklamasi di utara Jakarta yang sebelumnya sempat ia hentikan.

Menurutnya, penghentian reklamasi di teluk utara Jakarta adalah janjinya pada masa kampanye.

"Lumpur hasil pengerukan sungai dan waduk itu memang menambah lahan bagi Ancol. Dan penambahan lahan itu istilah teknisnya adalah reklamasi. Tapi, beda sebabnya, beda maksudnya, beda caranya, beda pemanfaatannya dengan kegiatan yang selama ini kita tentang, yaitu reklamasi 17 pulau itu. Dan ini bukan bagian dari reklamasi 17 pulau itu", ujar Anies dalam video tersebut (12/7/2020).

Sementara itu, Anies menekankan, reklamasi Ancol dapat memberikan manfaat kepada warga DKI Jakarta, karena dianggap dapat menyelamatkan mereka dari ancaman banjir.

"Ini adalah bagian dari usaha menyelematkan Jakarta dari bencana banjir", pungkasnya.

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:19
PM INDIA NARENDRA MODI JAMIN KAPASITAS PRODUKSI VAKSIN VIRUS KORONA TAK AKAN TERBATAS DAN EKSKLUSIF   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN SEBUT SEKTOR PARIWISATA DIFOKUSKAN UNTUK WISATAWAN DOMESTIK HINGGA AKHIR 2020   KEMENTERIAN ESDM OPTIMISTIS TARGET 1 JUTA PEMASANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ATAP TERCAPAI   KEMENTERIAN ESDM DORONG PENGEMBANGAN PROGRAM “RENEWABLE ENERGY BASED INDUSTRY” MELALUI PLTA SKALA BESAR   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO DUKUNG KONSER DANGDUT YANG DIGELAR WAKIL KETUA DPRD KOTA TEGAL DIPROSES HUKUM   POLRI COPOT KAPOLSEK TEGAL SELATAN TERKAIT KONSER DANGDUT YANG DISELENGGARAKAN WAKIL KETUA DPRD TEGAL   IMBAS MUNDURNYA SEJUMLAH PEGAWAI, PIMPINAN KPK AKAN MELAKUKAN EVALUASI SISTEM KEPEGAWAIAN KPK   WAKIL KETUA KOMISI III DPR AHMAD SAHRONI MEMINTA MUNDURNYA SEJUMLAH PEGAWAI KPK TAK PERLU DIBESAR-BESARKAN   BALEG DPR SEBUT SANKSI PIDANA TAK DIBAHAS DALAM KLASTER KETENAGAKERJAAN RUU CIPTA KERJA   KONTRAS KECAM PENGANGKATAN DUA ANGGOTA EKS TIM MAWAR SEBAGAI PEJABAT KEMENHAN   GEDUNG DITUTUP SELAMA TIGA HARI, BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA TEGASKAN TAK ADA PEGAWAI POSITIF COVID-19   IKATAN DOKTER INDONESIA SEBUT HINGGA SAAT INI TERDAPAT 123 DOKTER MENINGGAL DUNIA SELAMA PANDEMI   JADI KLASTER COVID-19, PEMKAB BANYUMAS AKAN MELAKUKAN TES USAP TERHADAP SANTRI DI SEMUA PONDOK PESANTREN   SEKOLAH TATAP MUKA MASUK TAHAP FINALISASI, WALI KOTA SURABAYA SEBUT GURU & SISWA HARUS MELAKUKAN TES USAP