Kompas TV regional kesehatan

Tanpa Gejala, Rektor USU Positif Covid-19

Kompas.tv - 12 Juli 2020, 18:59 WIB
tanpa-gejala-rektor-usu-positif-covid-19
Kampus Universitas Sumatera Utara (USU). (Sumber: Tribunnews.com)

MEDAN, KOMPAS.TV - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Runtung Sitepu dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Sebelumnya Runtung bersama menantunya melakukan pemeriksaan swab test polymerase chain reaction (PCR).

Humas USU Elvi Sumanti membenarkan kondisi Runtung yang terinfeksi Covid-19. Kini Runtung melakukan isolasi secara mandiri.

"Beliau (Profesor Runtung Sitepu) sedang isolasi mandiri," ujar Elvi, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Minggu (12/7/2020).

Runtung mengarantina dirinya sendiri, menjauhkan diri dari keluarga. Lokasi yang dipilihnya adalah di sebuah rumah di daerah Binjai, sebelah barat ibu kota Provinsi Sumatera Utara, Medan.

Elvi mengungkapkan, saat ini kondisi Runtung dalam keadaan sehat. Runtung masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

Baca Juga: Bisakah Virus Corona Hilang Walaupun OTG? Begini Kata Dokter

Meskipun menjadi orang tanpa gejala, OTG diwajibkan melakukan karantina selama 14 hari. Selain itu, harus menjalani kebiasaan hidup sehat seperti rajin cuci tangan, dan menjaga jarak sosial.

Saat melakukan karantina mandiri juga harus memperhatikan ruangan yang dipakai untuk karantina, seperti memiliki sirkulasi udara yang baik. OTG perlu melakukan karantina mandiri karena mereka dapat menularkan virus kepada orang lain terutama mereka yang termasuk golongan rentan.

Orang tanpa gejala harus melakukan isolasi mandiri, seperti tinggal di rumah dan jangan bepergian, tidak menerima tamu, serta tetap menjaga jarak ketika berinteraksi dengan anggota keluarga.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x