Kompas TV video cerita indonesia

Kunci Sukses Kabupaten Ini Terbebas dari Virus Corona

Kompas.tv - 12 Juli 2020, 15:15 WIB
Penulis : Theo Reza

RIAU, KOMPASTV - Hingga saat ini satu Kabupaten di Provinsi Riau masih nihil kasus covid-19 atau zona hijau.

Selain keseriusan tim gugus tugas dalam pencegahan masuknya virus corona, tingginya kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu kunci kesuksesan satu Kabupaten ini terbebas dari virus corona.

Kabupaten Rokan Hilir saat ini menjadi satu satunya kabupaten di Provinsi Riau yang menjadi zona hijau atau masih nol kasus positif virus corona.

Kesuksesan ini tentunya berkat keseriusan tim gugus tugas dalam mengantisipasi masuknya penyebaran covid-19 ke wilayah ini.

Meski Kabupaten Rokan Hilir berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara namun sejak masa pendemi covid-19 belum ada satu pun masyarakat di kabupaten Rokan Hilir yang positif virus corona.

Selain itu kesadaraan masyarakat menjalani protokol kesehatan menjadi modal utama dalam mengantisipasi penyebaran virus berbahaya ini.

Masyarakat hingga kini masih tertib dalam penggunaan masker saat beraktivitas keluar rumah, rajin mencuci tangan serta kesadaran dalam menjaga jarak saat belanja ke pasar maupun ditempat kerja.

Meski di Kabupaten ini tidak pernah menerapkan PSBB sejak awal mewabahnya covid-19, namun keseriusan tim gugus tugas dalam menjaga pintu masuk dijalankan sangat ketat selama 24 jam.

Setiap warga dari luar daerah yang ingin masuk ke wilayah ini harus menjalani pemeriksaan.

Sedangkan untuk warga yang datang dari luar provinsi harus menunjukkan hasil rapid test dan swab di pintu masuk, tentunya harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh serta mengetahui riwayat perjalanannya.

Bantuan sembako bagi masyarakat tetap berjalan, agar tidak menimbulkan dampak ekonomi bagi setiap warga.

Untuk ketahanan pangan dalam jangka panjang, Kodim 0321 Rohil memanfaatkan lahan seluas 73 hektar untuk ditanami tanaman palawija yang dapat memenuhi kebutuhan pokok warga.

Meski sejumlah aktivitas pasar dan pertokoan dan objek wisata tetap dibuka namun penerapan protokol kesehatan tetap berjalan dengan baik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x