Kompas TV regional berita daerah

Tahun Ajaran Baru, Penjualan Seragam Sekolah Justru Tak Laku

Kompas.tv - 10 Juli 2020, 14:34 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Menjelang tahun ajaran baru, penjualan seragam sekolah di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Jember Jawa Timur justru menurun drastis.

Salah satunya di Pasar Tradisional Tanjung Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Sejumlah toko penyedia seragam dan atribut sekolah di pasar ini terlihat sepi.

Padahal setiap kali menjelang tahun ajaran baru, mereka selalu mendapat berkah, karena banyak warga memburu seragam dan atribut sekolah untuk anak-anaknya.

Namun kondisi tersebut tidak dapat dirasakan lagi di tahun ajaran baru kali ini. Karena jadwal kegiatan belajar mengajar di sekolah belum diketahui kapan akan dimulai secara normal kembali atau secara tatap muka di sekolah.

Salah satu pedagang, bernama Juwariyah mengaku merugi, karena omzet penjualan seragam menurun drastis hingga 50 persen. Padahal ia sudah terlanjur menyiapkan persediaan seragam dalam jumlah besar, namun justru tidak laku.

Sejumlah pedagang hanya mengandalkan pembelian dari Yayasan Pendidikan dan Pondok Pesantren, yang sudah mulai menyambut tahun ajaran baru dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di sekolah.

Para pedagang berharap ada kejelasan dari pemerintah kapan kegiatan belajar mengajar di sekolah dimulai lagi secara normal atau tatap muka, sehingga mereka dapat mengukur persediaan seragam sekolah di lapak mereka.

#SeragamSekolah #TahunAjaranBaru #PedagangPasar




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x