Kompas TV nasional berita kompas tv

Presiden Jokowi Tumpangi Helikopter 'Baru' saat Kunjungan Kerja ke Kapuas Bersama Prabowo

Kompas.tv - 9 Juli 2020, 14:58 WIB
presiden-jokowi-tumpangi-helikopter-baru-saat-kunjungan-kerja-ke-kapuas-bersama-prabowo
Presiden Jokowi terlihat menumpang helikopter baru dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020) (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada yang baru dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Presiden Jokowi terlihat menumpang helikopter baru.

Eits, ini bukan helikopter pembelian baru. Tapi ternyata heli dengan tampilan baru.

Heli ini merupakan heli yang biasa menemani Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja. Namun kali ini tampilannya berbeda.

Heli kepresidenan ini ternyata dicat ulang dengan warna merah putih. Cat ulang warna heli kepresidenan ini merupakan bagian dari pemeliharaan.

Lalu, apakah Presiden Jokowi suka? Ternyata menurut Sekretaris Militer (Sesmil) Presiden Mayjen TNI Suharyanto, pemberian warna merah putih tersebut sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Arahan tersebut diterima Suharyanto saat melapor tentang pemeliharaan rutin helikopter kepresidenan pada bulan Maret lalu.

“Presiden berpesan agar selain dilakukan pemeliharaan berkala juga diberikan nuansa berbeda yang lebih ‘Indonesia’ pada helikopter tersebut,” ucap Suharyanto, Kamis (9/7/2020).

Sementara Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, diputuskan mengganti warna biru yang menjadi warna heli sebelumnya menjadi merah putih.

"Presiden menyetujuinya. Warna ini juga dipilih untuk lebih menyemarakkan perayaan 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Heru.

Dalam penerbangan menuju Kabupaten Kapuas untuk meninjau lokasi pengembangan lumbung pangan nasional (food estate), protokol kesehatan tetap diutamakan.

Biasanya, di dalam helikopter yang ditumpangi Presiden Jokowi diisi 10 orang. Namun kali ini hanya diisi lima orang.

Presiden hanya didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan tiga orang perangkat melekat lainnya, yaitu Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Dan Grup A Paspampres Kolonel Inf Achiruddin, dan Ajudan Presiden Kolonel Inf Rudi Saladin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x