Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Buka Kegiatan Webinar Nasional INI dan IPPAT

Selasa, 7 Juli 2020 | 22:16 WIB
kakanwil-kemenkumham-sulsel-buka-kegiatan-webinar-nasional-ini-dan-ippat
Pengurus Wilayah Sulawesi Selatan Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah(IPPAT) menggelar kegiatan Webinar Nasional (Sumber: Humas KANWILKUMHAM SULSEL)


MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pengurus Wilayah Sulawesi Selatan Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah(IPPAT) menggelar kegiatan Webinar Nasional yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom, Selasa (07/07/2020). Temanya adalah aspek hukum pidana dalam jabatan notaris/PPAT.

Kegiatan ini dibuka oleh kakanwil kemenkumham sulsel harun sulianto, sekaligus pembicara kunci . dihadiri oleh Ketua Pengurus Wilayah Sulawesi Selatan Ikatan Notaris Indonesia, Abdul Muis, Ketua Umum Ikatan Notaris Indonesia (INI) yang diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Hukum, Agung Irianto Dan Dr. Deny S.B. Yuherawan, dosen Hukum Pidana Universitas Trunojoyo  selaku narasumber.


Dalam  sambutan pembukaan, harun mengatakan bahwa jabatan notaris adalah terhormat dan terpercaya untuk itu agar selalu jaga marwah kehormatan itu, dengan ikuti semua SOP,kode etik , serta aturan. Notaris harus memitigasi bahwa akta yang dibuat tidak  berpotensi sebagai perbuatan melawan hukum, baik perdata maupun pidana. “patuhilah peraturan, maka peraturan akan melindungi anda "tegas harun.


Notaris itu pejabat umum yang melaksanakan kewenangan dalam hukum perdata, untuk itu perlu sinegri dg aparat penegak hukum dan  pemerintah “ka kanwil sebagai ketua majelis pengawas wilayah dan majelis kehormatan wilayah ,akan berusaha mensinergikan notaris dengan APH, apalagi sudah ada MOU INI pusat dengan Mabes Polri dan dalam proses dengan Kejagung “lanjut harun. 
Sementara itu, Agung Irianto mengatakan bahwa saat ini notaris telah membangun relasi yang baik dengan Kepolisian yang dituangkan dalam bentuk perjanjian kerjasama. "Kami berharap agar hal tersebur dapat menjadi payung hukum bagi notaris.

"Sangat diharapkan agar pelaksanaaan kegiatan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi notaris di tengah pandemi Covid-19 yang perannya sangat besar untuk kepentingan negara dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,"Jelasnya. 

Dalam sambutannya, Abdul Muis mengatakan bahwa perlunya pengetahuan dalam aspek hukum pidana bagi jabatan notaris baik PPAT dalam menjalankan jabatan sehingga tidak dengan mudah menyalahgunakan jabatannya dan tidam terlibat dalam masalah pidana.

#KANWILKUMHAM
#IKATANNOTARISINDONESIA
#MABESPOLRI

Editor : KompasTV Makassar



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:32
PANDEMI COVID-19, FILIPINA BERLAKUKAN KARANTINA DI MANILA SELAMA DUA PEKAN   KEMENPAN RB SEBUT GAJI KE-13 MASIH MENUNGGU PERSETUJUAN PRESIDEN JOKOWI   ENAM TAHANAN KEJAKSAAN NEGERI JOMBANG, JAWA TIMUR, POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   HARI PERTAMA PEMBERLAKUAN GANJIL-GENAP, KADISHUB MENGATAKAN TIDAK ADA LONJAKAN PENUMPANG ANGKUTAN UMUM   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO BANTAH USULKAN WARGA SIPIL BOLEH MEMILIKI SENJATA API   RUSIA MENYATAKAN AKAN MEMULAI PRODUKSI VAKSIN-19 PADA NOVEMBER 2020   PRESIDEN JOKOWI INGIN PANDEMI COVID-19 MENJADI MOMENTUM PERCEPATAN TRANSFORMASI DIGITAL   MALAYSIA TIDAK WAJIBKAN PENGGUNA KENDARAAN PRIBADI BERMASKER   KABID HUMAS POLDA SUMSEL: LEDAKAN DI MAKO BRIMOB BERASAL DARI PETASAN SISA DARI ACARA PEMBUKAAN ASIAN GAMES 2018   MANTAN ANGGOTA BAWASLU AGUSTIANI TIO FRIDELINA DITUNTUT 4 TAHUN 6 BULAN PENJARA TERKAIT KASUS HARUN MASIKU   MENGAKU PAKAR MIKROBIOLOGI, HADI PRANOTO: SAYA BUKAN DOKTER, SAYA BUKAN ANGGOTA IDI   TIONGKOK KIRIM TENAGA KESEHATAN UNTUK BANTU HONG KONG YANG MENGHADAPI GELOMBANG KETIGA COVID-19   VIETNAM MENCATAT 6 KEMATIAN AKIBAT TERINFEKSI VIRUS KORONA    PEMKOT TANGERANG BATASI PESERTA UPACARA 17 AGUSTUS HANYA UNTUK 50 ORANG