Kompas TV travel jelajah indonesia

Wisata Sejarah di Pulau Derawan

Kompas.tv - 10 Juli 2020, 16:01 WIB
Penulis : Merlion Gusti

KOMPAS.TV – Pulau Derawan salah satu pulau dengan pantai putih nan eksotis, air laut yang biru dan terumbu karang yang indah sangat memanjakan mata dan menenangkan pikiran.

Banyak jalan menuju Derawan, masing-masing jalur memliki alternatif lain, ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Cukup sesuaikan saja dengan keadaan anda.

Di Pulau Derawan, anda tidak perlu khawatir dengan tempat beristirahat dan menginap, karena terdiri ada beberapa pulau yang terdapat di sekitar Pulau Derawan, oleh karena itu banyak masyarakat yang menyediakan tempat penginapan, hotel atau resort.

Susana di sore hari sangat sepi sekali dikarenakan para lelaki di Pulau ini pergi melaut. Selain keindahan wisata laut nya yang indah, Pulau Derawan mempunyai wisata sejarah.

Wisata sejarah di pulau Derawan ada kuburan sultan bernisan kuda, taman pahlawan, dan sumur tua.

Untuk listrik di Pulau Derawan ada PLN dengan pembakit listrik tenaga surya yang pertama di Kalimantan. Dengan menggunakan tenaga surya sebanyak 1728 buah, pembangkit listrik menyediakan tenaga listrik untuk kebutuhan seluruh pulau Derawan. 

Selain pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik tenaga disel pun masih digunakan. Hal ini untuk berjaga-jaga kala musim hujan, dimana sangat jarang matahari di langit Derawan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x