Kompas TV travel jelajah indonesia

Jelajah Keindahan Pulau Derawan dan Penangkaran Penyu Hijau

Kompas.tv - 7 Juli 2020, 18:30 WIB
Penulis : Merlion Gusti

KOMPAS.TV – Pulau Derawan salah satu pulau dengan pantai putih nan eksotis, air laut yang biru dan terumbu karang yang indah sangat memanjakan mata dan menenangkan pikiran.

Banyak jalan menuju Derawan, masing-masing jalur memliki alternatif lain, ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Cukup sesuaikan saja dengan keadaan anda.

Di Pulau Derawan, anda tidak perlu khawatir dengan tempat beristirahat dan menginap, karena terdiri ada beberapa pulau yang terdapat di sekitar Pulau Derawan, oleh karena itu banyak masyarakat yang menyediakan tempat penginapan, hotel atau resort.

Pulau Derawan sudah sangat berkembang karena banyak orang dari luar negeri yang melakukan penelitian terhadap kehidupan di perairan sekitar Derawan. Khususnya penyu hijau yang banyak sekali ditemui disini.

Wisatawan bisa melihat langsung para penyu hijau tersebut di perairan Pulau Derawan. Dan juga bisa melihat pelepasan tukik atau anak penyu ke habitat sesungguhnya. Setelah masa inkubasi selama 55 hari didalam pasir, tukik menetas dan keluar dari telurnya. 

Menurut penelitian, tidak lebih dari 20% penyu yang hidup sampai dewasa dari menetasnya telur. Lainnya tukik yang malang ini dimakan oleh predator yang di atas rantai makanan seperti Elang, Biawak, dan hewan laut pemangsa lainnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x