Kompas TV video cerita indonesia

Dulu Berjibaku Sekarang "Berkawan" dengan Rob, Jadi Kebun Sayur Bernilai Ekonomi

Kompas.tv - 6 Juli 2020, 16:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

SEMARANG, KOMPASTV - Dulunya kehidupan warga Tri Mulya RT 5 RW 4, Genuk, Semarang ini sering berjibaku dengan rob. Namun warga kemudian berpikir memanfaatkan kondisi rob agar menghasilkan secara ekonomi. Secara bergotong-royong dan saling membahu akhirnya warga berhasil menyulap kawasan rob di daerahnya menjadi kebun sayur.

Saat ini sudah nampak hasil, sedikit-sedikit warga sudah memanen tanamnya seperti tomat, cabe, timun dan melon. Tidak itu saja warga juga memanfaatkan genangan rob sebagai kolam ikan, sebagai tempat pembibitan hingga pembesaran ikan.

Hasil kebun sayur ini bisa di nikmati warga sebagai bentuk ketahanan pangan di tengah pandemi Corona ini. Kedepan jika hasil panen nya melimpah, akan di pasarkan diluar dan uangnya untuk kas warga.

Tidak hanya berkebun, ternyata warga membuat lokasi ini sebagai tempat perlindungan burung langka yaitu burung jambul merah yang sering mencari makan di Kawasan rob. 

Kedepan Warga Trimulyo RW 4 bercita-cita ingin membuat lokasi kebun sayurnya menjadi lokasi wisata baru yaitu kebun sayur di atas rob. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x