Kompas TV regional berita daerah

Rujak Bebek Makanan Segar yang Sudah Jarang Ditemui

Jumat, 3 Juli 2020 | 23:20 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sejumlah ibu rumah tangga di desa kebonagung, Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, patungan buah untuk membuat rujak bebek. Ada bengkoang, mangga, pisang klutuk, nanas, hingga jambu biji.

Apa yang ibu-ibu lakukan ini sebagai bentuk rindu akan makanan jadul yang kini sulit dijumpai, mereka membuat rujak bebek atau rujak tumbuk yang pembuatannya ditumbuk dengan kayu dan lumpang. Seluruh buah dimasukkan dan ditumbuk menjadi satu sampai halus serta mengeluarkan air dari buah itu.

Untuk menambah segar rujak bebek ini, buah yang ditumbuk akan dicampur terasi, garam, gula aren, hingga cabai. Rujak bebek ini merupakan makanan dari Cirebon, Jawa Barat, yang kini sudah menyebar ke pelosok nusantara. Uniknya, untuk menambah sedapnya rujak bebek, cara menikmatinya ialah dengan mangkuk dan sendok daun pisang atau di Pekalongan biasa menyebutnya suru.

 

#Rujak #Kuliner

Penulis : KompasTV Pekalongan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:22
MENLU IRAN KUNJUNGI INDONESIA SENIN, 19 APRIL 2021, BERTEMU PRESIDEN JOKOWI HINGGA MENLU RETNO MARSUDI   MENAKER IDA FAUZIYAH IMBAU PEKERJA SWASTA TIDAK LAKUKAN PERJALANAN MUDIK PADA LEBARAN TAHUN INI   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM TEGASKAN PANCASILA DAN BAHASA INDONESIA WAJIB ADA DALAM KURIKULUM   MENLU RETNO MARSUDI SERUKAN SOLIDARITAS GLOBAL UNTUK PASTIKAN AKSES VAKSIN COVID-19 YANG BERKEADILAN DAN MERATA   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN INGATKAN MASYARAKAT WASPADAI LONJAKAN KEMBALI KASUS COVID-19   JELANG VAKSINASI SEMESTER KEDUA 2021, MENKES HARAP KOLABORASI PEMERINTAH DAN IDI DAPAT DIPERKUAT   MENAKER MINTA PEKERJA MIGRAN YANG SEDANG BERADA DI NEGARA PENEMPATAN UNTUK TUNDA MUDIK LEBARAN 2021   KOMPOLNAS: PENGAWASAN DAN SANKSI TEGAS KUNCI KURANGI PELANGGARAN ANGGOTA POLRI DI LAPANGAN   MENPAN RB SEBUT KORUPSI MASIH JADI SALAH SATU TANTANGAN UNTUK MEWUJUDKAN REFORMASI PADA BIDANG BIROKRASI   INDONESIA POLITICAL REVIEW (IPR): POLITIK UANG HARUS DIWASPADAI DI PEMUNGUTAN SUARA ULANG PILKADA 2020   ICW: PADA 2020, HANYA 444 KASUS YANG DITANGANI PENEGAK HUKUM DIBANDING DENGAN TARGET PENINDAKAN KASUS YAITU 2.225   ICW: NILAI "E" ARTINYA PERSENTASE PENANGANAN PERKARA YANG DILAKUKAN PENEGAK HUKUM HANYA 0-20 PERSEN   ICW BERI NILAI "E" TERHADAP KINERJA PENEGAK HUKUM DALAM PENINDAKAN KASUS KORUPSI PERIODE 2020   KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI MINTA PEMERINTAH SEGERA ATASI KENDALA PENYALURAN GAS INDUSTRI KE JATIM