Kompas TV nasional berita kompas tv

Kejaksaan Agung Kerja Sama dengan Interpol Cari Djoko Tjandra

Kamis, 2 Juli 2020 | 22:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kejaksaan agung menegaskan hingga kini keberadaan buronan kasus hak tagih Bank Bali, Joko Tjandra tidak berada di Indonesia.

Dari hasil penelusuran imigrasi dan kepolisian, tidak ditemukan perlintasan Joko Tjandra di Tanah Air. 

Jaksa Agung muda tindak pidana khusus menyatakan, sedang bekerja sama dengan Interpol, untuk mencari buronan kasus Bank Bali, yang merugikan negara 900 miliar rupiah.

Menko Polhukam Mahfud MD, meminta aparat penegak hukum, segera menangkap buronan Joko Tjandra. 

Bahkan, ia menyarankan Polisi dan Kejaksaan Agung, menjebloskan Joko ke penjara, saat akan mengikuti sidang peninjauan kembali kasus hukumnya, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Menko Polhukam mengatakan, tidak ada alasan bagi seseorang, yang sudah masuk daftar pencarian orang, bebas berkeliaran hingga ke luar negeri.

Terkait sidang PK, yang diajukan Joko Tjandra, Mahfud menilai mustahil, jika terdakwa tidak hadir langsung, dalam proses peradilan. 

Apabila itu terjadi, maka proses hukum dianggap tidak sah.

Joko sudah buron, sejak 2009 lalu, terkait kasus korupsi hak tagih bank bali, dengan jerat pidana 2 tahun penjara. Diketahui, Joko kabur ke Papua Nuigini, tepat sehari seusai putusan hukum, oleh Mahkamah Agung, pada 9 Juni 2009.
 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:10
BANGUN 23 TITIK SUPER WIFI DI LABUAN BAJO, MENKOMINFO JOHNNY G PLATE SEBUT JANGKAUANNYA MENCAPAI RADIUS 500 METER   JAKSA AKUI MASIH SELIDIKI BERKAS PERKARA KASUS DUGAAN SUAP PENGHAPUSAN “RED NOTICE” DJOKO TJANDRA   KEMNAKER OPTIMISTIS “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA AKAN MENGHADIRKAN PERLINDUNGAN LEBIH BAGI PARA PEKERJA   KONFEDERASI PERSATUAN BURUH INDONESIA MINTA PRESIDEN JOKOWI MENGHENTIKAN PEMBAHASAN OMNIBUS LAW RUU CIPTA KERJA   KOMISI X DPR SEBUT KLASTER PENDIDIKAN DITARIK DARI RUU CIPTA KERJA KARENA BANYAK PENOLAKAN DARI BERBAGAI PIHAK   BADAN ANGGARAN DPR SEPAKAT RAPBN 2021 DIBAWA KE SIDANG PARIPURNA   KEMENPAREKRAF SIAPKAN SEJUMLAH STRATEGI PENANGANAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL DI SEKTOR PARIWISATA   KOMISIONER KPU IMBAU SEMUA PIHAK YANG TERLIBAT PILKADA PATUHI PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19   KAMPANYE PILKADA AKAN DIMULAI 26 SEPTEMBER 2020 DAN BERAKHIR PADA 5 DESEMBER 2020   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: 208 TEMPAT USAHA DI JAKARTA DITUTUP SEMENTARA KARENA LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN    PEMPROV DKI JAKARTA AKAN LIBATKAN 26 RUMAH SAKIT SWASTA MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PENANGGULANGAN COVID-19   MENTERI PPPA MINTA MASYARAKAT TETAP GUNAKAN MASKER DI RUMAH UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN KELUARGA   MENTERI PPPA SEBUT PIHAKNYA TENGAH MENYUSUN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DI LINGKUP KELUARGA   MENTERI AIRLANGGA HARTARTO: PEMERINTAH TENGAH MERANCANG PERPRES & PETA JALAN TERKAIT DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19