Kompas TV regional berita daerah

Tekan Penyebaran Hama Tanaman, Warga Lepas Satwa Predator Ke Alam Bebas

Kompas.tv - 29 Juni 2020, 15:02 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV – Warga Desa Mlati Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri beserta sejumlah komunitas, melepaskan ratusan ekor hewan predator ke alam bebas. Pelepasan hewan ini bertujuan untuk membantu menekan penyebaran hama, yang selama ini merusak tanaman para petani.

Desa mlati kecamatan mojo sendiri, sebagian besar penduduknya berkecimpung di sektor pertanian, dan belakangan tidak dapat menikmati hasil panennya. Hal ini dikarenakan tanaman mereka rusak akibat serangan hama.

Warga yang tergabung dalam komunitas peduli lingkungan dan satwa asli (Kopling), akhirnya berinisiatif untuk melepaskan ratusan hewan predator. Hewan-hewan itu mereka dapatkan dari hasil iuran swadaya, yang mereka kumpulkan.

Dalam kegiatan tersebut aneka satwa dilepaskan seperti burung pemangsa serangga, musang, biawak, serta ular sebagai musuh tikus. Mereka juga mengecam aksi perburuan liar, dengan memasang papan larangan di setiap sudut desa.

Warga berharap, selain dapat menekan persebaran hama, pelepasan hewan itu mampu mengembalikan kerusakan ekosistem akibat perburuan liar. Rencananya aksi tersebut akan dilakukan secara terus menerus untuk menciptakan sebuah kampung satwa yang mampu mengundang wisatawan untuk datang.

#kediri #satwa #hewan #hama #ekosistem #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x