Kompas TV video internasional

Penangkapan Pelaku Penembakan Polisi Meksiko

Kompas.tv - 27 Juni 2020, 13:48 WIB
Penulis : Aryo bimo

MEKSIKO, KOMPAS.TV - Pejabat Kota Meksiko mengatakan  bahwa 12 tersangka penembakan telah ditangkap pada Jumat (26/06/2020). Penangkapan dilakukan setelah orang-orang bersenjata menembaki kendaraan lapis baja yang membawa Kepala Polisi Kota.

Sekitar 28 orang pria bersenjata menyerang Kepala Polisi Kota Meksiko di pusat kota Meksiko. Gerombolan bersenjata itu menembaki kendaraannya dengan senapan laras panjang kaliber 50 dan melemparinya dengan granat.

Penyergapan itu membuat kepala Omar García Harfuch terluka dengan tiga pecahan peluru. Dua anggota pengawal pribadinya terbunuh, demikian juga seorang wanita yang kebetulan sedang mengemudikan kendaraannya di dekat lokasi.

Menurut Juru Bicara Kantor Kejaksaan Kota Meksiko, Ulises Lara Lopez, serangan itu sudah direncanakan dengan cermat dan melibatkan 28 pria bersenjata yang disewa tiga minggu sebelumnya,

Lara mengatakan orang-orang bersenjata itu telah dibagi menjadi empat kelompok yang berbeda dan diberi penutup wajah dan senjata pada malam sebelumnya. Mereka dibawa ke titik penyergapan pada jam 4 pagi untuk menunggu target mereka.

Lara mengatakan 12 tersangka yang ditahan setelah penembakan itu termasuk satu warga Kolombia, dan dari lima wilayah berbeda di Meksiko yaitu; Jalisco, Guerrero, Nayarit, Chihuahua, Michoacan, dan Kota Meksiko.

Namun Lara tidak mengatakan siapa yang mempekerjakan mereka, atau berapa banyak mereka dibayar. 

Sekretaris Keamanan Publik Federal Meksiko mengatakan sebelumnya, bahwa Kejaksaan sedang menyelidiki Kartel Generasi Baru Jalisco untuk serangan itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x