Kompas TV klik360 internasional

Penangkapan Pelaku Penembakan Polisi Meksiko

Sabtu, 27 Juni 2020 | 13:48 WIB

MEKSIKO, KOMPAS.TV - Pejabat Kota Meksiko mengatakan  bahwa 12 tersangka penembakan telah ditangkap pada Jumat (26/06/2020). Penangkapan dilakukan setelah orang-orang bersenjata menembaki kendaraan lapis baja yang membawa Kepala Polisi Kota.

Sekitar 28 orang pria bersenjata menyerang Kepala Polisi Kota Meksiko di pusat kota Meksiko. Gerombolan bersenjata itu menembaki kendaraannya dengan senapan laras panjang kaliber 50 dan melemparinya dengan granat.

Penyergapan itu membuat kepala Omar García Harfuch terluka dengan tiga pecahan peluru. Dua anggota pengawal pribadinya terbunuh, demikian juga seorang wanita yang kebetulan sedang mengemudikan kendaraannya di dekat lokasi.

Menurut Juru Bicara Kantor Kejaksaan Kota Meksiko, Ulises Lara Lopez, serangan itu sudah direncanakan dengan cermat dan melibatkan 28 pria bersenjata yang disewa tiga minggu sebelumnya,

Lara mengatakan orang-orang bersenjata itu telah dibagi menjadi empat kelompok yang berbeda dan diberi penutup wajah dan senjata pada malam sebelumnya. Mereka dibawa ke titik penyergapan pada jam 4 pagi untuk menunggu target mereka.

Lara mengatakan 12 tersangka yang ditahan setelah penembakan itu termasuk satu warga Kolombia, dan dari lima wilayah berbeda di Meksiko yaitu; Jalisco, Guerrero, Nayarit, Chihuahua, Michoacan, dan Kota Meksiko.

Namun Lara tidak mengatakan siapa yang mempekerjakan mereka, atau berapa banyak mereka dibayar. 

Sekretaris Keamanan Publik Federal Meksiko mengatakan sebelumnya, bahwa Kejaksaan sedang menyelidiki Kartel Generasi Baru Jalisco untuk serangan itu.

Editor : aryo bimo



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:08
KEMENKOP DAN UKM GENCARKAN PELATIHAN DI DAERAH PUSAT LAHIRNYA WIRAUSAHA MUDA   DUKUNG KETAHANAN PANGAN BERBASIS MASYARAKAT PESANTREN, DOMPET DHUAFA SIAPKAN 1.000 HEKTAR SAWAH IRIGASI   ERICK THOHIR HARAP IMUNISASI MASSAL VAKSIN COVID-19 BISA DILAKSANAKAN MULAI FEBRUARI 2021   DUKUNG PEMULIHAN EKONOMI, MENTERI BUMN ERICK THOHIR DORONG PROGRAM DIGITALISASI RANTAI PASOK LOGISTIS   PT PUPUK INDONESIA SIAPKAN 775.704 TON PUPUK NONSUBSIDI UNTUK PENUHI KEBUTUHAN PETANI   ADA SEKOLAH YANG GELAR BELAJAR TATAP MUKA, GUBERNUR JATENG: KALAU BELUM IZIN, SAYA TUTUP   PT BIO FARMA PERKIRAKAN VAKSIN COVID-19 DIPRODUKSI FEBRUARI ATAU MARET 2021    PT BIO FARMA TARGETKAN 1.620 RELAWAN DISUNTIK VAKSIN COVID-19 HINGGA DESEMBER 2020   POLISI: ADA SEORANG SAKSI MENGAKU SEMPAT BERBICARA DENGAN PENEMBAK PENGUSAHA   POLISI TELAH PERIKSA 10 SAKSI TERKAIT PENEMBAKAN SEORANG PENGUSAHA DI ROYAL GADING SQUARE, JAKARTA UTARA   KEMENTERIAN PERDAGANGAN DORONG EKSPOR KOPI INDONESIA KE MEKSIKO   WEBINAR RISET PRAKTIS: SEBUAH PENGANTAR UNTUK KEPUTUSAN STRATEGIS. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN