Kompas TV nasional berita kompas tv

Ini Dia RI-GHA Covid-19, Alat Rapid Test Ciptaan Anak Bangsa

Kompas.tv - 26 Juni 2020, 22:00 WIB

MATARAM, KOMPAS.TV - Masih tingginya angka penyebaran virus corona di tanah air, membuat  Mulyanto bersama 10 anggota timnya menciptakan alat rapid test yang diproduksi di Laboratorium Hepatika Bumi Gora, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Alat rapid test ini diberi nama RI-GHA Covid-19. Tim peneliti dari tiga institusi berkolaborasi membuat alat rapid tes di Laboratorium Hepatika Bumi Gora, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.Mereka berasal dari Universitas Gajah Mada, Laboratorium Hepatika dan Universitas Airlangga.

Alat rapid tes pun diberinama sesuai ketiga institusi, RI-GHA Alias Republik Indonesia Gajah Mada, Hepatika dan Airlangga. Dibanderol dengan harga hanya Rp 75.000 per paket, alat ini dapat diandalkan.

Selain murah, RI-GHA Covid-19, didesain sesederhana mungkin sehngga setiap orang bisa melakukan rapid tes sendiri dan dalama waktu 15 menit hasilnya bisa diketahui. Salah satu bahan baku utama RI-GHA Covid-19  adalah signal reagen yang terbuat dari emas murni yang ditempeli dengan protein  rekombinan dari virus sars cov-2.

Dalam proyek kolaborasi ini laboratorium hepatika  bertugas memproduksi RI-GHA Covid-19, sementara Universitas Gajah Mada dan Airlangga Melakukan Uji Validasi. Menurut rencana RI-GHA covid-19 akan dipasarkan  mulai awal Juli 2020.

Baca Juga: Puskesmas Gelar Rapid Test Gratis bagi Pedagang Pasar Pondok Bambu!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x