Kompas TV TALKSHOW satu meja

Ini Alasan TNI & Polri Jadi Komisaris - SATU MEJA THE FORUM

Jumat, 26 Juni 2020 | 15:23 WIB

Staf khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut ada pertimbangan khusus sehingga aparat ditempatkan sebagai komisaris.

Langkah bongkar pasang pengurus BUMN yang dilakukan Menteri Erick Thohir belakangan menuai kritik. Posisi komisaris di sejumlah BUMN lagi-lagi diisi para politisi dan relawan pendukung Presiden Jokowi.

Utak-atik BUMN dilakukan Erick Thohir sejak dirinya menjabat menteri BUMN dan akan terus berlanjut. Sejak awal ia memang telah bertekad untuk merombak dan merestrukturisasi 142 BUMN demi efisiensi, refocusing, dan mewujudkan Good Corporate Governance (GCG).

Gebrakan bersih-bersih Erick mendapat dukungan publik yang berharap BUMN terbebas dari mafia dan belenggu politik. Selama ini, bagi-bagi kursi komisaris kepada para politisi dan pendukung rezim menjadi praktik yang lazim di BUMN.

Sementara itu, Erick Thohir membantah ada titipan dalam penunjukan para petinggi BUMN. Seleksi dilakukan sesuai prosedur yang mengedepankan kompetensi dan tanpa tekanan.

Lantas, mengapa jajaran komisaris BUMN masih berkutat pada nama-nama politisi dan relawan pendukung rezim? Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membidik milenial untuk duduk di kursi direksi perusahaan pelat merah.

Yang baru-baru ini direalisasikan adalah penunjukan Co-Founder dan Presiden Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid sebagai direktur PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom.

#SatuMejaTheForum #BUMN #ErickThohir

Editor : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:08
ASOSIASI BULU TANGKIS THAILAND SIAP GELAR TURNAMEN TUR ASIA SUPER 1000 DAN BWF WORLD FINALS PADA JANUARI 2021   MANCHESTER UNITED AKAN MENJAMU ARSENAL DALAM PEKAN KE TUJUH LIGA INGGRIS PADA MINGGU, 1 NOVEMBER 2020   SUKARELAWAN PETUGAS PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA DI JAYAPURA PERTANYAKAN UANG LELAH YANG BELUM DIBAYAR   HINGGA 30 OKTOBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI NUSA TENGGARA TIMUR: 679 POSITIF, 498 SEMBUH, 7 MENINGGAL DUNIA   DINKES NTT: KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN (TTS), LEMBATA, ENDE, DAN SABU RAIJUA NIHIL KASUS KORONA   SEBANYAK 16 NARAPIDANA LAPAS KELAS II A PEKANBARU, RIAU, POSITIF TERINFEKSI KORONA, SEORANG DI ANTARANYA MENINGGAL   DINKES CIANJUR, JABAR: SELAMA PANDEMI KORONA, 40 TENAGA KESEHATAN DI CIANJUR TERINFEKSI COVID-19   BPBD SUKABUMI: 90 RUMAH DI DESA TUGUBANDUNG RUSAK AKIBAT DITERJANG PUTING BELIUNG, TIDAK ADA KORBAN JIWA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MENAIKKAN UMP JATENG 2021 MENJADI RP 1.798.979 ATAU NAIK 3,27% DARI UMP 2020 SEBESAR RP 1.742.015   DIREKTUR PENGUPAHAN KEMENAKER DINAR TITUS JOGASWITANI SEBUT 28 PROVINSI SETUJU UPAH MINIMUM 2021 TIDAK NAIK   JASA MARGA: VOLUME KENDARAAN DI RUAS TOL SOLO-NGAWI NAIK 57% SELAMA 27-29 OKTOBER 2020   PREDIKSI PUNCAK ARUS BALIK 1 NOVEMBER 2020, JASA MARGA IMBAU PENGGUNA TOL PULANG LEBIH AWAL   DITLANTAS POLDA METRO JAYA MENGKLAIM ADA PENURUNAN JUMLAH KECELAKAAN LALU LINTAS DI JAKARTA SELAMA LIBUR PANJANG   PT KAI: 30.470 PENUMPANG BERANGKAT DARI STASIUN GAMBIR, PASAR SENEN, & JAKARTA KOTA SELAMA 27-30 OKTOBER 2020