Kompas TV entertainment lifestyle

Selain di Jamur Enoki, Serangan Bakteri Listeria Juga Ditemukan dalam Semangka

Kompas.tv - 25 Juni 2020, 20:53 WIB
selain-di-jamur-enoki-serangan-bakteri-listeria-juga-ditemukan-dalam-semangka
Kolase jamur enoki dan semangka (Sumber: Instagram)
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Heboh listeria atau listeriosis menjadi salah satu pemberitaan yang disorot oleh masyarakat. 

Ministry of Food and Drug Safety Korea Selatan menemukan bakteri Listeria monocytogenes pada jamur enoki yang diproduksi perusahaan pangan Sun Hong Foods asal Negeri Ginseng tersebut.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS, juga telah menarik jamur enoki dari perusahaan tersebut setelah ditemukan adanya bakteri L. monocytogenesis.

Baca Juga: Viral Air Rebusan Pare Dicampur Obat Merah untuk Turunkan Kolesterol, Ini Kata Dokter

Listeria atau listeriosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes (L. monoctogenes). Bakteri ini dapat hidup di lingkungan lembap, tanah, air, vegetasi yang membusuk, dan hewan.

Ketika seseorang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri L. monoctogenes (listeria), mereka akan mengembangkan penyakit listeriosis. 

Tapi tahukah Anda, serangan bakteri listeria ini juga pernah menyerang seorang wanita yang menyimpan semangkanya di kulkas selama 2 hari.

Mengutip Grid.ID, kasus ini dialami oleh seorang wanita bernama Liu yang tinggal di Hanyang, Hubei, Tiongkok. 

Suatu ketika dia membeli semangka dan membawanya pulang ke rumah. Kemudian memakan sebagian dan sisanya dimasukkan kembali ke dalam kulkas. 

Setelah dua hari, Liu baru mengeluarkannya dan memakannya. Tak lama setelah itu dia mengalami gejala demam dan kedinginan tapi saat itu ia berpikir ini bukan masalah serius.

Baca Juga: Jamur Raksasa di Bali Bikin Geger Warga

Keesokan harinya, Liu merasakan matanya berkunang-kunang, kakinya lemah hingga membuat jalannya sulit, dia terus gemetar. Keluarganya kemudian mengirimnya ke rumah sakit Wuhan untuk diperiksa.

Ahli pernapasan, bernama Shen Sanying yang juga wakil kepala dokter mendapati kondisi Liu telah mengalami tekanan darah tinggi dan terkejut ketika dia datang ke rumah sakit.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x