Kompas TV regional berita daerah

PPDB SMP di Banjarmasin Optimalkan Sistem Online, Sekolah Siapkan Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 22 Juni 2020, 18:27 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Senin pagi (22/06/2020) pelaksanaan hari pertama penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Banjarmasin dimulai.

PPDB kali ini dibuka dengan sistem daring khusus untuk jalur prestasi dan afirmasi.

Menerapkan sistem daring seperti tahun sebelumnya, kali ini proses PPDB berlangsung dengan protokol ketat.

Penerimaan dimaksimalkan melalui jaringan online yang diopersionalkan langsung oleh tim IT masing-masing sekolah.

Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi yang dapat diakses orangtua atau wali calon siswa melalui prangkat komputer maupun smartphone.

Sehingga berbeda dari tahun lalu, saat PPDB tidak lagi tampak orangtua calon siswa yang datang langsung ke sekolah untuk mendaftar.

Bahkan pagar sekolah ditutup, hanya siswa yang mengembalikan buku perpustakaan yang diizinkan masuk, itupun setelah melalui pemeriksaan suhu tubuh dan wajib cuci tangan.

Meski demikian sekolah tetap akan memberi kesempatan orangtua atau wali calon siswa yang terkendala melakukan pendaftaran online untuk melakukan secara langsung.

Kendala yang dimaksud ialah ketika orangtua atau wali calon peserta didik tidak memiliki perangkat computer atau gawai yang diperlukan untuk pendaftaran.

Namun kesempatan tersebut hanya diberikan pada hari terakhir pendaftaran, dengan jumlah yang dibatasi.

“untuk orangtua yang tidak punya HP, kalau tidak bisa kan bisa belajar tapi kalau tidak punya sama sekali akan kita bantu tapi jumlahnya dibatasi”, terang Kabul kepada jurnalis Kompas.tv.

Untuk itu, Petugas juga telah dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) berupa faceshield serta pemasangan plastik pembatas di tiap loket pendaftaran.

“Dengan standar protokol kesehatan yang sudah kami atur sedemikian rupa, kami berikan peluang di hari terakhir, itupun bukan orangnya tapi datanya saja yang disampaikan langsung ke meja”, Jelas Kabul.

Untuk meastikan berjalan lancar, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto, melakukan pemantauan proses PPDB.

Pemantauan dilakukan diantaranya di SMP Negeri 6 Banjarmasin dan SMP Negeri 7 Banjarmasin di Jalan Veteran ini.

Meski sempat terjadi kendala aplikasi, pelaksanaan PPDB online di hari pertama berjalan dengan baik. 

“Hari ini proses PPDB dengan dua jalur yaitu Prestasi dan Afirmasi, tadi di awal sempat terkendala namun sekarang sudah normal.” Ucap Totok Agus Daryanto.

Pelaksanaan PPDB smp untuk dua jalur ini akan berlangsung hingga 24 juni mendatang dan dilanjutkan sistem zonasi pada 29 juni. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x