Kompas TV regional berita daerah

5 Teleskop Untuk Lihat Gerhana Matahari

Kompas.tv - 21 Juni 2020, 19:07 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV- Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh menyiapkan lima teleskop memantau gerhana matahari parsial, Minggu (21/06/2020).

Pemantauan gerhana matahari parsial ini dimulai sekitar pukul 13.18 WIB, dan puncaknya terjadi pada pukul 14.35 hingga pukul 15.42 WIB.

Baca Juga: Protokol Kesehatan Saat Pembagian Rapor

Biasanya masyarakat diperbolehkan melihat gerhana matahari di lokasi yang disediakan oleh pemerintah, namun karena pandemi covid-19, masyarakat hanya bisa melihat via live streaming di website kantor wilayah Kemenag Aceh.

Kepala Bagian Kantor Wilayah Kementrian Agama Aceh, Saifuddin menjelaskan bahwa Aceh menjadi daerah pertama berlangsungnya gerhana matahari parsial ini, dan Sabang merupakan kota di Indonesia yang mengalami durasi gerhana parsial terlama yaitu 2 jam 24 menit.

“Tim falakyah kantor wilayah kementerian agama Aceh melakukan pengamatan fenomena alam gerhana matahari sebagian ini di halaman kanwil kemenag aceh dengan menggunakan 5 buah teleskop,” Jelas saifuddin.

 Dia juga menambahkan bahwa di tengah pandemi covid 19, pengamatan di lakukan secara tertutup dengan peserta yang terbatas serta menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid 19.

#aceh #gerhanamatahari #gerhanamatahariparsial




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x