Kompas TV regional berita daerah

Ancaman Peralihan Musim, Pembudidaya Ikan Diimbau Waspada dan Mempercepat Panen

Kompas.tv - 18 Juni 2020, 18:21 WIB

KAB. BANJAR, KOMPAS.TV - Dinas Perikanan Kabupaten Banjar   meminta agar para pembudidaya   tidak dulu menebar benih ikan budidaya di masa peralihan ini.

Hal tersebut untuk mencegah resiko  kerugian karena kematian ikan secara mendadak yang tercatat terjadi  dalam lima tahun terakhir di masa peralihan.  

Para pembudidaya ikan  juga  diminta mempercepat masa panen ikan mereka.

Baca Juga: Positif Corona Kalsel Diprediksi Capai 4000 Kasus, Tim Gugas : Pertahanan Lingkungan Wajib Dibangun

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar, Riza Dauly menjelaskan langkah tersebut mesti diambil.

Pasalnya saat masa peralihan dari musim penghujan kemusim kemarau, kerap kali para pembudidaya mengalami kerugian akibat terlambat mengambil langkah memanen ikan budidaya mereka.

Peralihan musim tahun ini, juga akan berbarengan dengan pelaksanaan pengeringan irigasi yang dipastikan mempengaruhi kualitas air di aliran sungai tempat para pembudidaya ini membudidayakan ikan mereka.

“Kita imbau pembudidaya mengatur siklus tebar karena diperkirakan ada pembersihan dan pengeringan irigasi pada pertengahan bulan ini dan agustus sehingga berdampak juga dengan debit air”, Ujar Riza Dauly.

Baca Juga: Kenaikan Tagihan Listrik Hingga Lebih 100 Persen Dinilai Warga Janggal

Tahun lalu terdata ratusan pembudidaya ikan keramba jala apung menghalami kerugian miliaran rupiah karena kematian ikan mendadak akibat berubahnya kualitas air.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x