Kompas TV nasional berita kompas tv

Harga Fantastis Uang Koin Kelapa Sawit, Dijual hingga Rp 100 juta Per Keping

Kompas.tv - 18 Juni 2020, 15:25 WIB
harga-fantastis-uang-koin-kelapa-sawit-dijual-hingga-rp-100-juta-per-keping
Ilustrasi: Uang Koin Kelapa Sawit keluaran Bank Indonesia Tahun 1993 (Sumber: KONTAN)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Uang koin kelapa sawit viral di media sosial. Yang membuatnya heboh, harga uang koin kelapa sawit keluaran Bank Indonesia (BI) ini melebihi nilai nominalnya.

Bahkan mencapai Rp 100 juta per kepingnya. Harga segitu tampak di beberapa situs perdagangan online di Indonesia.

Baca Juga: Viral Uang Koin Kelapa Sawit Harga Selangit, Apa Istimewanya?

Lantaran harga terbilang mahal inilah membuat koin bergambar kelapa sawit yang bernilai Rp 1.000 menjadi viral di jagat maya. Harganya terlihat tak masuk akal, bukan?

Mengutip Kontan.co.id, Kamis (18/6), para pedagang di beberapa pasar daring menawarkan uang koin kelapa sawit dengan harga fantastis.

Betapa tidak, pecahan uang logam yang memiliki nilai nominal Rp 1.000 per keping itu mereka tawarkan dengan harga sampai jutaan kali lipat.

Harga Tak Wajar di Situs Online

Salah satu penjual uang koin kelapa sawit itu ada di situs Bukalapak. Harga penawaran tertinggi uang koin kelapa sawit ini mencapai Rp 1,4 miliar untuk 100 keping.

Di toko online sebelahnya, Tokopedia, harga tertinggi yang ditawarkan beberapa pedagang mencapai Rp 100 juta per keping.

Banyak sekali pedagang yang menawarkan uang koin kelapa sawit dengan harga lebih murah, tapi ya tetap saja termasuk mahal, misalnya Rp 20-an juta per keping.

Jelas tawaran mahal sekeping koin uang logam seharga mobil Toyota Alphard tersebut tidak wajar.

Uang koin kelapa sawit belum bisa dibilang pecahan logam yang langka. Kita bisa menguji kelangkaannya dari lapak-lapak perdagangan daring juga.

Di Tokopedia dan Bukalapak, ambil contoh. Banyak pedagang menjual uang koin kelapa sawit ini dengan harga cuma Rp 2.000-an per keping. Tak jarang pula pedagang yang menawarkan harga grosiran saking banyak persediaan mereka.

Baca Juga: Polisi Ringkus Pengedar Uang Palsu di Depok, Jumlahnya Capai Miliaran Rupiah!

Viral Berulang Uang Koin Kelapa Sawit

Kolektor sekaligus penjual uang kuno asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sutomo, menganggap para penjual yang menawarkan uang koin Kelapa Sawit dengan harga puluhan juta itu asal-asalan.

"Harga bertebaran di internet banyak yang asal posting saja," kata Sutomo dikutip dari Tribunnews, Senin (15/6/2020).

"Mustahil jika harganya jutaan. Sementara uang yang sudah puluhan tahun aja, kenaikannya tidak terlalu signifikan," imbuhnya.

Viral harga mahal uang koin kelapa sawit bukan baru kali ini terjadi. Hampir setiap tahun selama beberapa tahun terakhir selalu muncul kabar penawaran harga koin kelapa sawit di luar kewajaran.

Namun begitu, memang, baru kali ini harga uang koin kelapa sawit yang yang ditawarkan sampai miliaran. Sebelum-sebelumnya harga termahal sekeping uang logam ini paling pol belasan juta saja.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x