Kompas TV internasional kompas dunia

Dianggap Adik Kim Jong Un Tak Berguna Lagi, Kantor Penghubung Korut-Korsel Diledakkan

Selasa, 16 Juni 2020 | 18:14 WIB
dianggap-adik-kim-jong-un-tak-berguna-lagi-kantor-penghubung-korut-korsel-diledakkan
Ilustrasi: Tentara Korea Selatan berjalan di jembatan unifikasi yang mengarah ke zona demiliterisasi, di area kantor bea cukai, imigrasi, dan karantina di dekat desa perbatasan Panmunjom, Paju, Korea Selatan, Kamis (11/2/2016). Korea Utara dan Korea Selatan Bersitegang, Baku Tembak di Zona Demiliterisasi. (Sumber: AP PHOTO / AHN YOUNG-JOON)

KOMPAS.TV - Korea Utara akhirnya meledakkan kantor penghubung dengan Korea Selatan di perbatasan Kaesong, Selasa (16/6/2020).

Kubu Korea Selatan pun mengecam keras hal itu. Mereka bahkan memperingatkan bakal bereaksi jika pihak Korea Utara tersebut membuat situasi memburuk.

“Kejadian ini menghalani harapan semua orang yang menginginkan adanya perkembangan hubungan antara kedua Korea dan perdamaian di Semenanjung Korea,” bunyi pernyataan pihak Korea Selatan dikutip dari BBC.

Baca Juga: Tegang! Korea Utara dan Korea Selatan Baku Tembak di Zona Demiliterisasi

“Pemerintah menegaskan dengan jelas bahwa semua tanggung jawab atas situasi ini terletak di kubu Korea,” lanjutnya.

Kantor penghubung tersebut sudah dikosongkan sejak Januari karena Covid-19.

Pada beberapa pekan terakhir ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan memang tengah meningkat.

Editor : Haryo Jati

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:43
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA