Kompas TV regional berita daerah

LPADKT-KU Sikapi Video Yang Menyinggung Suku Dayak

Kompas.tv - 12 Juni 2020, 23:11 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Sebuah tayangan video viral di media sosial yang menyinggung Suku Etnis Dayak disalah satu akun youtuber bernama Lutfi Holy. Hal ini membuat Ketua Laskar Pemuda Adat Dayak Kalimantan Timur – Kalimantan Utara atau LPADKT-KU, Vendy Meru bersama puluhan anggotanya menyatakan sikap atas penghinaan tersebut.

Vendy Meru juga mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian yang bergerak cepat mengamankan Lutfi Holy, dan diserahkan kepada Suku Dayak untuk dilakukan hukum adat, yang dimana hukum adat berbeda dengan hukum formal. Karena hukum adat merupakan salah satu upaya untuk saling memaafkan satu sama lain.

Vendy Meru mengharapkan kasus ini merupakan kasus yang pertama dan yang terakhir terjadi. Karena suku dayak merupakan suku yang menjunjung toleransi sesama suku lain, terutama suku pendatang, serta menjaga kedaulatan NKRI.

Meski demikian, peserta deklarasi juga tetap menjalankan protokol kesehatan, dengan melakukan penyemprotan desinfektan kepada seluruh peserta deklarasi.

#LPADKT-KU#SukuAdatDayak#HukumAdat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x