Kompas TV video cerita indonesia

Keren! Warga di Kediri Ubah Selokan Kotor Jadi Kolam Ikan

Kompas.tv - 10 Juni 2020, 10:24 WIB
Penulis : Laura Elvina

KEDIRI, KOMPAS.TV - Sekelompok warga di Kota Kediri mengubah selokan air yang dulunya kotor menjadi kolam ikan hias. Siapa sangka, selokan yang dulunya kotor dan banyak sampah, sekarang jadi sesuatu yang bisa menjadi hiburan bagi warga.

Transformasi selokan menjadi kolam ikan tersebut digagas oleh warga RT 3 RW 1, Kelurahan Burengan, Kota Kediri.

Ide ini dilakukan oleh warga karena mereka selalu terganggu dengan bau tidak sedap karena banyaknya tumpukan sampah di selokan air.

Setelah bermusyawarah akhirnya warga di lingkungan tersebut sepakat untuk bergotong royong dan merenovasi selokan menjadi kolam ikan hias agar lebih asri. Semua biaya renovasi ini diambil dari dana kumpulan bersama yang mencapai belasan juta rupiah.

Selokan air yang telah berubah ini memiliki panjang 15 meter dan diisi lebih dari 100 ekor ikan hias dari berbagai jenis. Berkat kerja keras warga, selokan yang dulu kotor kini dapat menjadi tempat bermain bagi anak-anak.

Selain itu kolam ikan hias di selokan ini juga dapat menjadi media edukasi bagi anak, untuk mengenal ikan dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan.

Warga setempat kini berencana akan terus melakukan perbaikan di sepanjang selokan, agar lingkungan mereka jauh lebih indah dan sehat.

Nantinya, selain diisi dengan ikan hias, sebagian selokan juga akan dijadikan kolam ikan air tawar agar bisa dikonsumsi warga sekitar. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x