Kompas TV nasional berita kompas tv

Khofifah: 3 Daerah Akan Teken Pakta Integritas Untuk Tekan Penyebaran Covid-19

Kompas.tv - 9 Juni 2020, 06:05 WIB
khofifah-3-daerah-akan-teken-pakta-integritas-untuk-tekan-penyebaran-covid-19
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (Sumber: KOMPAS.COM/A. FAIZAL) 
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Pemkot Surabaya, Pemkab Gresik dan Pemkab Sidoarjo akan menandatangani pakta integritas.

Pakta integritas ini menjadi langkah lanjutan setelah Pemprov Jatim tidak memperpanjang PSBB.

Nantinya pakta integritas ini berisi pernyataan dan komitmen bersama Pemprov dan tiga daerah dalam penanganan virus corona di Jatim.

Baca Juga: Akhirnya!! Permintaan Risma Disetujui, Khofifah Tak Perpanjang PSBB Surabaya

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan pakta integritas ini menjadi jembatan agar koordinas dan sinergitas antara Pemprov Jatim dan tiga daerah tersebut dapat terus berjalan.

"Sekarang sedang difinalkan konsepnya, besok akan persentasi dan mudah-mudahan besok malam pakta integritas ini sudah bisa final dan ditandatangani," ujar Khofifah saat telewicara di program Kompas Malam, Senin (8/6/2020).

Sebelumnya hasil rapat bersama pemprov dengan Pemkot Surabaya, Pemkab Gresik dan Pemkab Sidoarjo memutuskan PSBB di Jatim. Selanjutnya kewenangan dan tangung jawab dalam menanganai bencana ada di tiga daerah tersebut. 

Namun jika tiga daerah tersebut memerlukan bantuan, dapat meminta ke provinsi. Hal Ini sesuai dengan Pasal 28 Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Baca Juga: [FULL] Keputusan Khofifah Akhiri PSBB Surabaya

"Pakta integritas itu saya rasa akan menjadi persambungan dari tim yang ada di Pemprov maupun di Kodam dan Polda. Saya rasa mereka tidak sekedar pemantauan tetap akan turun bagaiamana penguatan pelaksanaan pasca PSBB efektif," ujar Khofifah.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x