HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Pakar Transportasi dan Pengendara Motor: Siapkan Dulu Transportasi Umum Sebelum Ganjil Genap Jakarta

Minggu, 7 Juni 2020 | 16:14 WIB
pakar-transportasi-dan-pengendara-motor-siapkan-dulu-transportasi-umum-sebelum-ganjil-genap-jakarta
Pengendara sepeda motor saat mengangkat kendaraannya dari sisi kiri melewati separator Jalan DI Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (24/1/2020). (Sumber: Tribun Jakarta/Bima Putra)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dosen Transportasi Institut Transportasi dan Logistik Trisakti Suharto Abdul Majid menyayangkan adanya kebijakan ganjil genap yang juga diterapkan bagi sepeda motor. 

Pasalnya, kata Majid, kebijakan tersebut tidak disertai dengan transportasi umum yang sudah siap untuk menujang kebutuhan mobilitas manusia, terlebih di masa pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Jakarta Terapkan Ganjil Genap, Karyawan Bersepeda Motor Tidak Setuju

"Harusnya kebijakan ganjil-genap disertai dengan transportasi umum yang sudah baik," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Minggu (7/6/2020).

Majid mengatakan, saat ini sepeda motor memang menjadi pilihan masyarakat yang paling banyak. 
Selain dianggap murah, sepeda motor juga memiliki kelebihan ukuran yang fleksibel di beberapa kondisi tertentu. 

Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat ragu akan keamanan dan protokol kesehatan yang diterapkan di transportasi umum. 

"Bisa jadi akan menjadi penularan di transportasi umum, itu sebabnya saya bilang siapkan dulu (tranportasi umum dengan protokol kesehatan)," katanya.

Editor : Deni Muliya

1
2
3
4



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
13:18
MERAWAT INGATAN LEWAT CERITA BERSAMA KURATOR CERPEN KOMPAS. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   HINGGA 6 JULI 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI KALIMANTAN BARAT: 339 POSITIF, 300 SEMBUH, 4 MENINGGAL DUNIA   DINKES KALIMANTAN BARAT: 68 WARGA KOTA PONTIANAK JALANI TES “SWAB” KARENA KELUAR RUMAH TIDAK MENGGUNAKAN MASKER   PEKAN DEPAN, POLISI PERIKSA LEGISLATOR PENJAMIN JENAZAH KORONA DI RSUD DAYA MAKASSAR   POLISI MENAIKKAN STATUS HUKUM KASUS PENGAMBILAN JENAZAH KORONA DI RSUD DAYA MAKASSAR KE PENYIDIKAN   PEMKOT PEKANBARU, RIAU, LAPOR POLISI SOAL DUGAAN PENCURIAN 8.800 METER KABEL LAMPU JALAN PENERANGAN UMUM   PT KAI USULKAN KE PEMERINTAH AGAR KAPASITAS PENUMPANG KRL DINAIKKAN JADI 60% GUNA KURANGI JUMLAH ANTREAN DI STASIUN   KEMENDAGRI PASTIKAN BURONAN PERKARA “CESSIE” BANK BALI, DJOKO TJANDRA, MASIH BERSTATUS WNI   KEMENDIKBUD PASTIKAN BELAJAR DARI RUMAH TIDAK AKAN PERMANEN   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO SEBUT TIDAK ADA PENERIMAAN CPNS TAHUN 2020 DAN 2021   TERDAMPAK PANDEMI KORONA, LION AIR POTONG GAJI MANAJEMEN DAN KARYAWAN SERTA MENGURANGI KARYAWAN KONTRAK   MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN (KP) EDHY PRABOWO SIAP DIAUDIT SOAL EKSPOR LOBSTER   WAKIL DIRESKRIMUM POLDA METRO JAYA SEBUT RENCANA PENYERANGAN NUS KEI DISIAPKAN OLEH 3 PELAKU   MENSESNEG PRATIKNO SEBUT PERAYAAN KARNAVAL INTERNASIONAL PERAYAAN HUT KE-75 RI DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA