Kompas TV regional berita daerah

Donor Darah Tetap Aman PMI Siapkan Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 5 Juni 2020, 13:46 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Kini donor darah tak lagi mengkhawatirkan meski merebaknya pandemi Covid-19 di tengah masyarakat.

Saya berkesempatan melakukan donor darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung. Saat pertama kali akan melakukan donor darah, ada beberapa protokol kesehatan yang wajib dilakukan.

Langkah yang pertama, saya harus masuk bilik disinfektan terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Baca Juga: Cerita Satibi, Pengolah Gula Aren di Usia Senja

Sebelum masuk, saya juga harus melakukan cek suhu tubuh oleh petugas yang telah bersiap di pintu masuk. Jika suhu tubuh di atas 37 derajat celcius maka dengan tegas petugas akan menginstruksikan agar tak melanjutkan proses ke tahap selanjutnya.

Setelah melalui serangkaian proses, di dalam kita akan langsung di arahkan untuk mengisi identitas diri. Setelah itu saya melanjutkan pengecekan hemoglobin darah fungsinya untuk mengetahui kondisi darah dan menetukan layak atau tidak untuk dilakukan ke tahap selanjutnya.

Baca Juga: Sanksi Push Up Bagi Pelanggar Protap Kesehatan Covid-19 di Pasar Tradisional Bandar Lampung

Saat dinyatakan layak, saya dianjurkan mencuci tangan kembali sebelum memasuki ruangan praktek khusus. Di dalam ruangan ini saya tak sendiri, ada pendonor lainnya yang tengah melaukan proses pengambilan darah. Dengan di bantu petugas kesehatan, tensi darah saya pun di cek setelah itu baru proses pengambilan darah dilakukan.

Tak butuh waktu lama, darah saya pun selesai diambil. Kini masyarakat tak perlu lagi khawatir untuk melakukan donor darah, agar upaya kita mendonorkan darah secara sukarela dapat membantu ketersediaan stok darah bagi yang membutuhkan.

#PMI #Stokdarahmenipis #Donordarah #Lampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x