HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Donor Darah Tetap Aman PMI Siapkan Protokol Kesehatan

Jumat, 5 Juni 2020 | 13:46 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Kini donor darah tak lagi mengkhawatirkan meski merebaknya pandemi Covid-19 di tengah masyarakat.

Saya berkesempatan melakukan donor darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung. Saat pertama kali akan melakukan donor darah, ada beberapa protokol kesehatan yang wajib dilakukan.

Langkah yang pertama, saya harus masuk bilik disinfektan terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Baca Juga: Cerita Satibi, Pengolah Gula Aren di Usia Senja

Sebelum masuk, saya juga harus melakukan cek suhu tubuh oleh petugas yang telah bersiap di pintu masuk. Jika suhu tubuh di atas 37 derajat celcius maka dengan tegas petugas akan menginstruksikan agar tak melanjutkan proses ke tahap selanjutnya.

Setelah melalui serangkaian proses, di dalam kita akan langsung di arahkan untuk mengisi identitas diri. Setelah itu saya melanjutkan pengecekan hemoglobin darah fungsinya untuk mengetahui kondisi darah dan menetukan layak atau tidak untuk dilakukan ke tahap selanjutnya.

Baca Juga: Sanksi Push Up Bagi Pelanggar Protap Kesehatan Covid-19 di Pasar Tradisional Bandar Lampung

Saat dinyatakan layak, saya dianjurkan mencuci tangan kembali sebelum memasuki ruangan praktek khusus. Di dalam ruangan ini saya tak sendiri, ada pendonor lainnya yang tengah melaukan proses pengambilan darah. Dengan di bantu petugas kesehatan, tensi darah saya pun di cek setelah itu baru proses pengambilan darah dilakukan.

Tak butuh waktu lama, darah saya pun selesai diambil. Kini masyarakat tak perlu lagi khawatir untuk melakukan donor darah, agar upaya kita mendonorkan darah secara sukarela dapat membantu ketersediaan stok darah bagi yang membutuhkan.

#PMI #Stokdarahmenipis #Donordarah #Lampung

Editor : Kompastv Lampung



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:23
ATLET BADMINTON DUNIA LIN DAN MENYATAKAN PENSIUN MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL   BPBD: SEBANYAK 9.415 WARGA MENGUNGSI AKIBAT BANJIR BANDANG YANG MELANDA PROVINSI GORONTALO    FORUM REKTOR INDONESIA MINTA PEMERINTAH TANGGUNG BIAYA INTERNET MAHASISWA & DOSEN DALAM PERKULIAHAN DARING   FSGI: PPDB MELALUI ZONASI BINA RW BERPOTENSI MUNCULKAN MASALAH BARU KARENA SEBARAN SEKOLAH TAK MERATA    FEDERASI SERIKAT GURU INDONESIA (FSGI) KRITIK PPDB JAKARTA MELALUI JALUR BINA RW YANG DIBUKA HARI INI   PRESIDEN JOKOWI MENGAJAK SELURUH PERGURUAN TINGGI LEBIH AKTIF BEKERJA SAMA DENGAN SEKTOR INDUSTRI   PRESIDEN JOKOWI MINTA SEMUA PERGURUAN TINGGI BERI PERHATIAN BESAR TERHADAP KESEHATAN MENTAL & FISIK MAHASISWA    PRESIDEN JOKOWI OPTIMITIS INDONESIA BISA JADI NEGARA BERPENGHASILAN TINGGI PADA 2045   PRESIDEN JOKOWI APRESIASI KENAIKAN PERINGKAT INDONESIA JADI NEGARA BERPENGHASILAN MENENGAH KE ATAS   WHO MEMINTA NEGARA-NEGARA TAK ABAIKAN DATA COVID-19   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA: PEMPROV DKI GENCAR LAKUKAN TES COVID-19 DAN TELAH LAMPAUI STANDAR WHO   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT PENGUNJUNG MAL DI JAKARTA SAAT PSBB TRANSISI HANYA 20 HINGGA 30 PERSEN   PIMPINAN DPR AKAN PANGGIL ANGGOTA KOMISI VII YANG MINTA DILIBATKAN DALAM PENYALURAN DANA CSR BUMN   MERAWAT INGATAN LEWAT CERITA BERSAMA KURATOR CERPEN KOMPAS. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID